Bisnis

Ke Acara BI Kena Macet 30 Menit, Jokowi: Itulah Kenapa Ibu Kota Pindah

Jokowi Hadiri Pertemuan Tahunan BI 2019/ foto: medcom

Jakarta, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung keputusan pemerintah memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur. Hal itu diungkapkannya pada saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 dengan tema Sinergi Transformasi Inovasi Menuju Indonesia Maju di Artpreneur Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan.

Jokowi berbicara mengenai kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta. Dia membagikan pengalamannya ketika terjebak macet setiap 30 menit sekali saat menuju lokasi acara Bank Indonesia ini.

Baca juga:  Soal Penanganan Virus Corona, Jokowi: Pemerintah Harus Siap Diawasi Masyarakat

“Tadi ke sini macet, setengah jam berhenti betul, berhenti, setengah jam berhenti,” kata Jokowi di Jakarta, Seperti dilansir detikcom, Kamis (28/11/2019).

Dengan kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta, Mantan Wali Kota Solo ini menilai menjadi salah satu alasan pemerintah memindahkan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur.

“Ya itulah kenapa Ibu kota dipindah, dan karena alasan yang banyak lainnya,” tegas Jokowi.

Dapat diketahui, pada tanggal 26 Agustus 2019 telah mengumumkan bahwa lokasi ibu kota negara akan ada di Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanaegara Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga:  Buka Puasa Bareng Fahri-Zulhas, Jokowi Tegaskan Serius Pindahkan Ibu Kota

Pengumuman ini dilakukan oleh Jokowi usai menerima dua kajian yaitu soal hasil kajian struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan ibu kota baru. Sebanyak dua kajian itu diberikan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada Jumat tanggal 23 Agustus 2019.[m/]

Comments