Mercinews

Daerah

KKB Papua Nyatakan Siap Perang Lawan TNI-Polri

Senjata OPM.2018 istimewa/Foto: merdeka

Mercinews.com, Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar sebuah hanoi milik Kepala Distrik Kimak, Kabupaten Puncak, Sabtu malam (28/9). Hanoi adalah rumah khas di pegunungan tengah Papua. Setelah membakar hanoi, KKB kembali mengeluarkan tembakan di lokasi kejadian, Ahad pagi (29/9/2019).

Mereka berteriak dan menyatakan siap berperang melawan TNI-Polri. Aparat TNI-Polri saat ini melakukan pengejaran terhadap KKB yang melakukan pembakaran terhadap honai milik Kadistrik Kimak. Warga setempat juga masih diselimuti rasa takut.

Baca juga:  Cerita Warga Aceh yang Selamat dari Insiden Penembakan di Papua

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto mengatakan, agar aksi KKB tidak meluas, aparat keamanan melakukan pengejaran. Aparat berjaga-jaga di sekitar lokasi yang diperkirakan menjadi lintasan kelompok tersebut.

“Yang membakar (hanoi) adalah KKB,” tegas Eko Daryanto, Ahad (29/9/2019).

Eko mengatakan, KKB pimpinan Penni Murib dan Telaga Telenggen yang melakukan pembakaran dan sejumlah aksi penembakan di Kabupaten Puncak. Hal itu berdasarkan dari laporan yang diterima.

Baca juga:  Tiga Tukang Ojek Tewas Ditembak KKB di Kabupaten Intan Jaya Papua

“Warga saat ini mengungsi ke Koramil Ilaga dan aparat masih terus bersiaga,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto.

Dalam seminggu terakhir KSB menembak tiga warga sipil hingga meninggal yakni dua tukang ojek yang ditembak pada Kamis (26/9/2019) menewaskan Sattiar alias Midung dan La Ode Alwi dan Sabtu (28/9) menewaskan Syahrudin. [m]

 

Sumber: medaninside

 

Comments
To Top