Mercinews

Aceh

LKS SMK Tingkat Provinsi Perlombakan 39 Cabang

IMG 20190908 WA0008 - LKS SMK Tingkat Provinsi Perlombakan 39 Cabang
Dinas Pendidikan Aceh/ Mercinews

Bireuen, Mercinews.com -Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXVIII Tingkat Provinsi Aceh yang digelar sejak 7-12 September 2019 di Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe memperlombakan sebanyak 39 Cabang Lomba.

Kegiatan yang diikuti oleh 414 siswa-siswi SMK Se-Aceh ini mengusung tema “Kompeten menyongsong Industri 4.0 Menuju Aceh Carong”. LKS SMK ini diharapkan menjadi magnet vokasi di Bumi Serambi Mekkah.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri HD, MPA, mengharapkan LKS SMK ini dapat terpilihnya putra-putri terbaik Aceh dalam bidang lomba yang mereka ikuti.

“Juga bisa meningkatan kreativitas siswa dalam bidang skill dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai karya orang lain,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Menurutnya, tujuan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) jenjang SMK Ini adalah untuk menyediakan wahana bagi siswa SMK guna mengasah karakter positif, produktif, kreatif, dan inovatif serta memotivasi siswa SMK meningkatkan keahlian sesuai standar dunia usaha dan industri.

“Disamping mendorong produktivitas siswa SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatif, serta meningkatkan kerjasama yang lebih intensif antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI), asosiasi profesi dan berbagai pihak lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Kala Pejabat Pemerintah Aceh Sampaikan Materi dalam Bahasa Aceh

Bukan hanya itu, katanya lagi, LKS SMK ini juga untuk memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMK untuk berkompetisi secara positif.

“Menyediakan sarana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerja bagi siswa SMK yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja serta memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran dan mengasah soft skill,” katanya lagi.

Masih kata Kadisdik Aceh, peserta akan diseleksi secara objektif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas oleh para juri yang secara khusus dihadirkan dari P4TK serta dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) terkait.

“Hasil kegiatan ini kita harapkan terpilihnya putra-putri terbaik Aceh dalam bidang lomba yang mereka ikuti serta dapat meningkatan kreativitas siswa dalam bidang skill dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai karya orang lain,” katanya melanjutkan.

Baca juga:  Heboh di Medsos, Dendeng Babi Kemasan Produksi Aceh Besar

Penyelenggaraan LKS ini sebagai wujud program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam peningkatan kompetensi dan menanamkan karakter positif siswa

Expo LKS
Ia menyebutkan, selain mempertandingkan 39 cabang lomba, Dinas Pendidikan Aceh juga menggelar Expo LKS SMK. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Pendopo Bupati Bireuen, yang terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireun.

Digelar sejak 7 September 2019 lalu, stand-stand produk dan teknologi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK dari seluruh Aceh, menghiasi stand expo tersebut.

Beragam produk dan kreativitas pelajar dipamerkan disana. Pameran buah karya dan inovasi produk siswa-siswi SMK ini menjadi daya tarik pengunjung untuk mendatangi stand-stand tersebut.

Kesempatan itu turut dimanfaatkan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI), seperti PT. Innovam Indonesia, penerbit buku PT. Erlanggga serta sejumlah DU/DI lainnya.

Beragam inovasi kreativitas siswa-siswi SMK terus saja menjadi andalan Expo LKS SMK ke-XXVIII ini. Seperti budidaya tanaman, produk herbal, souvenir Aceh, kosmetik, makanan, busana, pernak-pernik. Tak ketinggalan kopi Arabica dan Robusta.[m/]

Comments