Hukum

MA Tolak Kasasi Irwandi Terhadap Putusan PN Banda Aceh Terkait Kisruh PNA

Putusan MA terkait Kasasi Irwandi Yusuf terhadap putusan PN Banda Aceh terkait kisruh PNA. Foto: Ist

Banda Aceh, Mercinews.com – Mahkamah Agung (MA) menolak pengajuan kasasi oleh Irwandi Yusuf terhadap putusan Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh terkait kisruh internal Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Berdasarkan data yang dipublikasikan lewat situs resmi Mahmakah Agung, kasasi yang dimohonkan Irwandi Yusuf terhadap terdakwa Samsul Bahri alias Tiyong, Miswar Fuadi dan Irwansyah telah diputuskan dan ditolak, Selasa, 14 Juli 2020.

Kuasa Hukum Irwandi Yusuf, Haspan Yusuf Ritonga mengatakan, pihaknya belum menerima pemberitahuan putusannya secara resmi. Tetapi, berdasarkan informasi dari situs MA tersebut, ia juga melihat sudah ada keputusan, dan ditolak.

“Iya saya dengar informasi juga sudah ada putusan, tapi kita belum terima relaas resminya. Kalau dilihat dari link  yang beredar iya seperti itu (ditolak),” kata Haspan saat dikonfirmasi AJNN, Selasa (14/7).

Haspan menyampaikan, jika relaas resminya sudah diterima, maka baru dapat dipastikan apakah benar-benar ditolak atau tidak diterima, sehingga bisa disimpulkan bagaimana pertimbangannya kedepan.

Baca juga:  Wakil Ketua PNA Banda Aceh akan Praperadilankan KPK

“Baru dapat info dari link itu, yang jelas kalaupun benar putusannya seperti itu, saya berfikir lebih objektif, mereka harus lebih memikirkan kepentingan partai, kader dari pada kepentingan ego pribadi,” ujarnya.

Haspan juga menegaskan, untuk sementara ini pihaknya tidak berkomunikasi dengan Irwandi Yusuf terkait langkah selanjutnya, karena memang relaas resminya belum diterima.

“Tetapi nanti kalau sudah diterima putusan resminya, baru kita diskusikan sama Irwandi Yusuf terkait tindaklanjutnya,” tutur Haspan.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh menolak sepenuhnya gugatan Ketua Umum DPP PNA Irwandi Yusuf terhadap Samsul Bahri alias Tiyong Cs sebagai pengurus PNA versi Kongres Luar Biasa (KLB), Selasa, 7 Januari 2020 lalu.

Dalam keputusannya, PN Banda Aceh menolak seluruh gugatan Irwandi Yusuf, dan menerima eksepsi dari para tergugat.

Baca juga:  Saiful Bahri Terpidana Kasus Suap DOKA Dipindah ke Lapas Lambaro Banda Aceh

Terhadap putusan PN Banda Aceh itu, Irwandi Yusuf melalukan upaya kasasi ke MA, mengingat belum adanya penyelesaian atas kisruh internal PNA tersebut.

Seperti diketahui, gugatan perkara ini didaftarkan Tim Kuasa Hukum DPP PNA versi Irwandi Yusuf ke Pengadilan Negeri Kota Banda Aceh pada, Senin 7 Oktober 2019.

Pendaftaran gugatan itu bernomor 53/pdt-sus-parpol/2019. Gugatan itu dilayangkan terkait kisruh di tubuh internal PNA karena adanya dualisme kepengurusan seusai dilaksana Kongres Luar Biasa (KLB) di Bireuen.

Adapun pihak yang digugat oleh Irwandi Yusuf yakni tergugat I, Samsul Bahri alias Tiyong yang merupakan mantan kader PNA, tergugat II mantan Sekjen PNA, Miswar Fuady, dan tergugat III adalah Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) PNA, Irwansyah atau Tgk Maksalmina.

[]

Comments