Mercinews

Nasional

Mahfud Md Minta Habib Rizieq Syihab Urus soal ‘Cekal’ ke Saudi: Kita Siap Bantu

Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: Eva Safitri/detikcom)

Jakarta, Mercinews.com – Menko Polhukam Mahfud Md memastikan pihak Indonesia tidak melakukan pencekalan terhadap Habib Rizieq Syihab. Mahfud menyebut permasalahan Habib Rizieq merupakan wewenang Arab Saudi.

“Berarti masalahnya bukan di pemerintah Indonesia, masalahnya di pemerintah Saudi. Silakan urus ke sana kalau ada sesuatu yang bisa kita bantu ya kita bantu,” ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Mahfud berbicara soal aturan pencekalan yang menurutnya hanya berlaku 6 bulan. Sedangkan Habib Rizieq sudah sekitar 1,5 tahun di Saudi.

Baca juga:  Munarman Sebut Semua Kasus Habib Rizieq SP3: Kalau Masih Bilang Ada, Bahlul

“Bagi Indonesia, sudah saya cek semua di imigrasi, kepolisian, nggak ada yang cekal dia. Dan menurut hukum Indonesia tidak mungkin 1,5 tahun dicekal atas permintaan Indonesia. Karena menurut UU yang berlaku, pencekalan 6 bulan. Enam bulan tidak diajukan pengadilan, boleh keluar, boleh masuk ke Indonesia,” kata Mahfud.

Mahfud meminta Habib Rizieq menyerahkan bukti surat pencekalan. Sebab Mahfud belum melihat bukti otentik tersebut.

“Yang saya lihat, di dokumen yang beredar di medsos karena nggak pernah ada aslinya, itu Habib Rizieq tidak boleh keluar dari Arab Saudi atas alasan keamanan. Atas alasan keamanan itu tidak disebutkan apakah atas permintaan RI atau tidak, tidak disebut di surat itu,” jelas Mahfud. [m/]

 

Baca juga:  Mahfud MD: Tak Akui Jokowi Jadi Presiden Terpilih Pelanggaran Hukum

Sumber: detikcom

Comments