Politik

Mantan Petinggi GAM Ketemu Surya Paloh, Ada Apa?

Surya Paloh, ketika berbincang dengan mantan petinggi GAM, Malik Mahmud Alhaytar, Muzakir Manaf dan Abu Razak, di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Jakarta, Mercinews.com – Sejumlah mantan petinggi atau tokoh sentral Gerakan Aceh Merdeka (GAM), bertemu Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang putra Aceh, Surya Paloh, di kantor DPP Nasdem di Jakarta, Selasa (11/02/2020).

“Saya bersyukur bisa menyaksikan pembicaraan silaturrahmi penting ini,” tulis Sekretaris DPW Nasdem Aceh, Banta Syahrizal, dalam statusnya di facebook-nya, Selasa malam (12/2/2020).

Dalam silaturahmi itu, Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar yang juga mantan Menteri dan Diplomat GAM, didampingi mantan Panglima GAM, Muzakir Manaf alias Mualem dan Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak. Selain itu tampak hadir, Tgk. Darwis Jeunieb dan Bupati Pidie Jaya, Tgk. Ayyub Abbas. Muzakir Manaf kini Ketua Umum DPA Partai Aceh, sedangkan Kamaruddin Abubakar Sekjen DPA Partai Aceh.

Baca juga:  Rektor Unsyiah: Indonesia Sedang Krisis Kejujuran

Surya Paloh yang dikenal dekat dengan para tokoh politik di Jakarta terutama Presiden Jokowi itu, didampingi Ketua DPW Nasdem Aceh, Zaini Djalil, T.Taufiqulhadi, (tokoh Aceh dan kini anggota DPR RI), Willy Aditya, Syarif dan Karli.

Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al haytar, berbicara tentang beberapa rekomendasi MoU Helsinki, yang hingga kini belum terealisasi dan meminta Surya Paloh mendukung dan menyampaikan dukungannya ke Presiden.

Menanggapi itu, Surya Paloh menyatakan sangat mendukung dan juga mengajak Wali Nanggroe dan Mualem untuk juga lebih fokus mendukung agenda-agenda pembangunan dan percepatan kesejahteraan rakyat Aceh.

“Sangat banyak peluang kita mengakses dan mendorong pemerintah Jokowi untuk melakukan hal-hal yang penting dalam upaya pertumbuhan ekonomi Aceh,” papar Surya Paloh dengan suaranya yang khas.

Baca juga:  Surya Paloh tegaskan tidak ada yang boleh ubah ideologi

Diakuinya, meski Jokowi & NasDem kalah telak di Aceh, namun lanjut Surya, “kepedulian dan cinta saya terhadap Aceh tidak pernah berkurang secuilpun. Ayo kita dukung seluruh program pemerintah untuk percepatan pembangunan dan pengentasan kemiskinan di Aceh,“ tegas Surya Paloh

Surya juga mengingatkan bahwa Pilkada dan Pemilu masih lama. “Janganlah terlalu dini kita berkompetisi terus, fokus kita sekarang dan bersama-sama adalah menyukseskan program pemerintah yang bermanfaat bagi rakyat.

Dalam kesemoatan itu, Surya Paloh, mengundang Wali Nanggroe, Mualem dan rombongan, untuk datang pada khanduri kebangsaan di Sekolah Sukma Bireuen, pada 22 Februari 2020.

Katanya, kenduri ini juga akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan 12 orang Menteri Kabinet yang akan membawa beberapa program strategis untuk Aceh. [m/]

Comments