Eropa

Mantan Presiden Finlandia Mediator Konflik Aceh, Martti Ahtisaari Positif Covid-19

Mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari. (Foto: Reuters)

Finlandia, Mercinews.com – Pemenang penghargaan Nobel Perdamaian sekaligus mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari, positif terinfeksi virus corona (COVID-19). Kabar mengenai situasi kesehatan Ahtisaari ini, disampaikan langsung oleh kantor kepresidenan Finlandia pada Selasa (24/3/2020).

“Konfirmasi mengenai infeksi tersebut dikeluarkan pada Senin 23 Maret 2020. Presiden Ahtisaari berada dalam kondisi stabil, mengingat kondisi yang sedang dihadapinya saat ini,” kata pernyataan resmi kantor kepresidenan Finlandia seperti dilansir dari laman Reuters.

Baca juga:  DPR Aceh: Tangkap TKI yang Pulang Lewat Jalur Tikus

Ahtisaari menjabat sebagai Presiden Finlandia pada kurun waktu 1994 hingga 2000. Selepas masa jabatannya, pria 82 tahun itu menjadi mediator konflik di sejumlah negara. Termasuk berperan menjembatani perdamaian Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Indonesia pada 2005.

Peran besar Ahtisaari dalam menyelesaikan konflik tersebut, membuatnya mendapatkan gelar Nobel Perdamaian pada 2008. Sang istri, Eeva Ahtisaari, dikabarkan juga positif tertular virus corona setelah mendapatkan hasil tes yang dilakukan pada akhir pekan lalu.

Finlandia melaporkan sebanyak 792 kasus warganya yang terinfeksi virus korona hingga Selasa waktu setempat. Sudah ada sebanyak 10 orang pasien yang dinyatakan sembuh, sementara korban meninggal dunia karena infeksi virus corona dicatat sebanyak satu orang.

Baca juga:  Dai Kondang Aa Gym Ajak Umat Ikuti Fatwa MUI Ibadah di Rumah Cegah Corona

[m/news]

Comments