Travel

Masjid Transparan di Tengah Gurun, Masya Allah Cantiknya

Proyk seni Paradise Has Many Gate (dok Ajlan Gharem)

Jakarta, Mercinews.com – Seorang seniman membangun masjid yang tidak biasa di gurun Arab. Masjid ini transparan dan sempat viral di sosial media.

Dirangkum detikcom dari beragam sumber, Selasa (4/2/2020) masjid ini merupakan karya Ajlan Gharem, seorang guru matematika di Sekolah Umum Al Sahabah di Arab Saudi. Dia juga seorang seniman dan mempunyai studio yang bernama Gharem Studio.
Baca juga: 5 Fakta Taj Mahal, Bangunan dengan Arsitektur Islam

Mengutip informasi dari websitenya, Gharem mengatakan dirinya adalah seniman multidisiplin yang mengekplorasi Saudi dalam mengartikulasikan budaya mereka di tengah globalisasi dan dinamika kekuasaan. Dia telah memiliki banyak pameran kelompok di Galeri Brunei, London (2016), Asia House, London (2015), Quincy House, Fotofest Biennial, Houston (2014) dan British Museum (2014).

Salah satu proyek seninya yang paling terkenal dan menarik perhatian adalah ‘Paradise Has Many Gate’. Proyek ini berupa masjid transparan yang didesain sederhana namun indah.

Baca juga:  Rumoh Aceh Tampil sebagai Desain Utama Inacraft 2020

Paradise Has Many Gate pertama kali dibangun di gurun Arab Saudi pada tahun 2015. Karya seninya dia videokan dan difoto, hingga banyak menimbulkan respons. Karya seninya ini pun viral dan menjadi pembicaraan hangat di sosial media.

Dalam wawancaranya bersama Straight di tahun 2018 lalu, Gharem mengatakan bahwa karya seninya ini bukan tentang agama. Namun lebih menekankan unsur religius, bagaimana mempraktikannya dan mewakili ideologinya. Maka dia wujudkan dalam masjid yang terpagar namun transparan.

Dalam ruang yang lebih luas lagi, Gharem pun ingin karya seninya menjadi gerbang untuk melawan Islamophobia. Karena itu salah satu makna masjid ini transparan dan instalasinya telah tampil diberbagai tempat.

Masjid transparan ini dari baja ringan dan dindingnya dibuat seperti jaring-jaring. Di lantainya ada hamparan sajadah dan juga ada lampu di langit-langitnya. Pada saat malam hari kamu bisa melihat lampu hijau di menara masjid.

Baca juga:  Ustadz Abdul Somad Heran Video soal Salib Diviralkan Sekarang: Itu 3 Tahun Lalu

Masjid ini tidaklah besar dan luas. Mungkin hanya muat beberapa puluh orang saja di dalamnya. Sederhana, namun tujuannya dalam.

Setelah dari Arab Saudi, Paradise Has Many Gate pun telah mengisi beragam pameran seni di dunia. Salah satunya dia diinstalasi di Vancouver, British Kolombia, Kanada tahun 2018. Selama dua tahun masjid ini dinikmati pengunjung taman.

Foto: (dok Ajlan Gharem)

Tak sekedar menjadi panjangan, masjid transparan ini juga menjadi saranan untuk orang-orang yang ingin mengenal Islam lebih dalam. Para pengunjung pun dipersilahkan masuk ke dalam masjid dan mendengarkan penjelasan dari senimannya. Juga ada pertunjukan budaya dan musik yang bisa dinikmati pengunjung.

Walaupun masjid ini baru viral sekarang, namun Paradise Has Many Gate telah ada semenjak tahun 2015 dan telah mampir di beragam pameran seni.

Comments