Dunia Islam

Menag imbau umat Islam Shalat Idul Fitri di Rumah aja bersama keluarga

Foto: Ilman/detikcom/Masih Pandemi Corona, Menag: Sholat Idul Fitri di Rumah

Jakarta, Mercinews.com – Menjelang Idul Fitri 1441 H, umat Islam Indonesia disarankan shalat di rumah. Shalat Idul Fitri bersama keluarga inti bisa mencegah penularan COVID-19.

“Saya imbau umat Islam menjalankan Shalat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan COVID-19” pesan Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Menag berpesan Sholat Idul Fitri jangan sampai ditinggalkan, sesuai teladan Rasulullah SAW. Namun penyelenggaraan Sholat Ied jangan sampai melanggar protokol kesehatan di masa pandemi virus corona. Yaitu dengan sholat di rumah bersama keluarga.

Baca juga:  WHO: Covid-19 10 Kali Lebih Mematikan dari Flu Babi 2009

Menag berharap para ulama, termasuk MUI, dapat terus memberikan penjelasan kepada masyarakat. Salah satunya tentang hukum fikih Islam dan tata cara Sholat Idul Fitri yang merupakan Sunnah Muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Menurut Menag, pandemi COVID-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambut Idul Fitri 1441 H. Selain gembira karena kembali ke fitrah, rasa kepedulian juga harus terselip saat merayakan Idul Fitri 1441 H.

Baca juga:  Diduga dari Malaysia, Seorang Wanita asal Jawa Barat Diamankan di Aceh Besar

“Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan, agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua,” pesannya. Taqobalallahu Minna Waminkum, Semoga Allah menerima amal kita semua,” kata Menag.

[m/]

Comments