Nasional

Menlu Retno Pastikan Belum Ada WNI Terdampak Virus Wuhan

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan sampai saat ini belum ada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak virus Wuhan.Foto/SINDOnews

Jakarta, Mercinews.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan sampai saat ini belum ada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak virus Wuhan. Hal tersebut berdasarkan laporan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di China.
“Sejauh ini tidak terdapat informasi ada WNI yang terdampak virus tersebut. Itu laporan dubes per pagi ini pukul 10.14 WIB,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (23/1/2019).

Retno menyebut dari data terakhir 90% mahasiswa yang berada di Wuhan dan sekitarnya sedang kembali ke Indonesia. Seperti diketahui jumlah mahasiswa di Wuhan sebanyak 428 orang. Lalu mahasiswa di Beijing sebanyak 1.280 orang. Sementara yang ada di Shanghai berjumlah 849 orang.

Baca juga:  Terkait Virus Corona, Penumpang di Bandara SIM Diperiksa Ketat

“Karena liburan dan mereka akan kembali pada pertengahan Februari. Kita melakukan komunikasi dengan kampus-kampus yang ada di Wuhan dan sekitarnya mengenai kapan kuliah akan dimulai lagi dan sebagainya. Intinya 90%dari mahasiswa kita di Wuhan dan sekitarnya sedang berada di indonesia,” paparnya.

Baca juga:  Menlu Akan Hadiri Pertemuan Soal Palestina di DK PBB

Dia mengatakan salah satu hal yang dikomunikasikan dengan kampus-kampus di Wuhan dan sekitarnya adalah tentang keberlanjutan kegiatan belajar. “Apakah dengan situasi seperti sekarang kemudian kegiatan akademik akan dimulai sebagaimana biasanya atau kemudian ada pengaturan-pengaturan yang berbeda. Itu yang terus dikomunikasikan oleh kedutaan kita dengan pihak institusi pendidikan disana,” katanya, [m/]

 

Sumber: Sindonews

Comments