Mercinews

Umum

Miris, Banyak Pengemis Anak di Lhokseumawe Mengaku Disuruh Orang Tuanya

Seorang bocah p[engemis tertidur di jembatan penyebrangan. (foto: merdeka)

Lhokseumawe, Mercinews.com – Dinas Sosial Kota Lhokseumawe akan terus melakukan razia intensif terhadap anak-anak yang mengemis di jalan-jalan protokol dan kafe yang ada di Kota Lhokseumawe. Hasil razia Dinas Sosial Kota Lhokseumawe anak-anak yang mengemis di kota itu tak sedikit yang disuruh orang tuanya.

“Saya pernah melakukan razia pada 29/7/2019  siang dan malam. Hasilnya delapan anak terjaring razia saat itu, setelah diinterogasi anak tersebut mengakui mereka disuruh orang tuanya untuk mengemis bukan karena niat mereka sendiri,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Lhokseumawe, Ridwan, Minggu (22/9/2019).

Baca juga:  Sodomi 50 Bocah di Bawah Umur, Bang Jek ditangkap Polisi

Setelah itu kata Ridwan, ia langsung menjumpai orang tua anak-anak tersebut dan memperingatkan mereka agar tidak menyuruh anaknya mengemis lagi. Mereka juga diminta menandatangani surat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Sebagian orang tua tersebut kata Ridwan, juga berbohong dengan mengatakan anaknya bersekolah. Padahal, saat diselidiki ke sekolahnya anak mereka sama sekali tidak pernah masuk sekolah.

“Delapan orang tua yang anaknya disuruh mengemis itu datanya ada sama kita. Kita terus awasi jangan terulang lagi menyuruh anaknya mengemis,” katanya.

Dia menambahkan, bahkan sebagian anak itu sudah menghirup lem agar mabuk. Ini menjadi pekerjaan besar Dinas Sosial.

Baca juga:  Pulang Tak Bawa Hasil Ngemis, Bocah di Lhokseumawe Dirantai Oleh Orangtuanya

“Maka, kita tangani lintas sektor, misalnya bersama satuan polisi pamong praja mengintensifkan razia, dinas kesehatan buat psikologi anak dan lain sebagainya. Razia intensif akan terus dilakukan dan diharapkan tidak ada lagi pengemis anak di daerah Kota Lhokseumawe,” katanya.

Sebelumnya, dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Lhokseumawe, Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang mengimbau bila mengetahui ada orang tua yang mengeksploitasi anaknya menjadi pengemis agar dilaporkan ke polisi” pungkasnya. [m/]

 

Comments