Mercinews

Nasional

Moeldoko: Lahan di Ibu Kota Baru Bukan Lagi Milik Prabowo Subianto

Moeldoko: Lahan di Ibu Kota Baru Bukan Lagi Milik Prabowo Subianto
Kepala Staf Presiden Moeldoko (Noval DA/detikcom)

Jakarta, Mercinews.com – Ketum Gerindra Prabowo Subianto dikabarkan memiliki lahan di lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur, yang belakangan dibantah oleh Jubir Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan lahan tersebut bukan lagi milik Prabowo.

“Kemarin itu eks ITCI (International Timber Corporation Indonesia) ya, katanya bukan lagi kepemilikan Prabowo,” ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Moeldoko mengatakan lahan tersebut bisa diambil negara. Namun, menurut dia, ada tahapan yang harus dilalui.

Baca juga:  Prabowo: Jika Tak Ada Serang Menyerang di Debat, Tak Lucu

“Sepertinya begitu. Tapi kan ada tahapannya,” katanya.

Moeldoko juga menjawab kritik dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil soal ibu kota baru yang dinilainya boros lahan. Moeldoko mengatakan tidak serta-merta 180 ribu hektare lahan langsung dipakai atau dimanfaatkan di ibu kota baru.

“Itu kan mikirnya 100 tahun yang akan datang. Kan ada area yang intinya, lingkaran kedua, baru. Jadi bukan 180 ribu hektare semua langsung. Ada tahapan,” ujar Moeldoko.

Sebelumnya, Dahnil Anzar mengatakan lahan di Kalimantan Timur yang akan dijadikan lokasi ibu kota baru bukanlah lahan Prabowo, melainkan dikelola Arsari Group. Arsari Group merupakan lahan milik adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo.

Baca juga:  Ahok: Rencana Pindah Ibu Kota Sama Saja Lari dari Masalah

“Itu milik Pak Hashim, bukan Pak Prabowo,” ujar Dahnil, Selasa (27/8).

 

Sumber: detikcom