Mercinews

Aceh

MPU Kota Banda Aceh Minta Pengajian Abi Yahya Dihentikan

Rapat MPU Banda Aceh terkait pengakuan Abi Yahya yang dianggap menyimpang aqidah. Foto: Ist

Banda Aceh, Mercinews.com – Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Banda Aceh, Tgk.H.Damanhuri Basyir meminta agar pengajian Abi Yahya dihentikan karena dianggap mengarah kepada penyimpangan tauhid dan pendangkalan aqidah.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja MPU Banda Aceh pasca diamankannya lima orang yang diduga memperaktikan kegiatan penyimpangan kepercayaan atau aliran sesat di komplek makam Syiah Kuala, Gp.Deah Raya, Banda Aceh, sekira pukul 01.00 WIB, Kamis dini hari, (8/8/2019).

Tgk. Damanhuri menyebutkan saat ini jumlah jamaah pengajian Abi Yahya berjumlah 100 orang yang tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Baca juga:  MPTT-I Lakukan Safari Dakwah Keliling Aceh

“Hasil putusan MPU bahwa ajaran pengajian yang dipimpin Abi Muhammad Yahya menjurus ke pedangkalan aqidah, dan kita meminta agar pengajian Abi Yahya di hentikan,” tegasnya.

Dalam kajian yang di sampaikan oleh pimpinan Abi Yahya tersebut kepada jamaah, kata Tgk. Damanhuri, yang bersangkutan mengaku pernah mengalami kematian sebanyak tujuh kali dan pernah bertemu dengan Allah dan Rasulullah sebanyak 22 kali.

“Setelah kita tanyakan yang bersangkutan tidak pernah belajar ilmu agama dan tidak pernah mengajar. Beliau mendapat ilham dan mengajarkan ke masyarakat awam,” jelasnya.

Selain itu, kata Tgk Damanhuri, pimpinan pengajian Abi Yahya juga membuka layanan tanyajawab melalui media sosial.

Baca juga:  di Peunayong Kota Banda Aceh, Jokowi-Ma'ruf Unggul di Sejumlah TPS 

“Kita juga mendapat laporan dari salah satu jamaah bahwa kajian yang disampaikan oleh pimpinan Abi Yahya aneh-aneh,” katanya.

Terkait dengan pengajian Abi Yahya, pihak MPU melimpahkan ke Satpol PP/WH Banda Aceh untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.

“Karena bukan penistaan agama sehingga penangganan permasalahan ini dilimpahkan kepada Satpol PP WH Banda Aceh,” ungkapnya.

Sebelumya lima orang yang mengikuti pengajian Abi Yahya diamankan pihak kepolisian untuk menghindari amukan massa yang saat itu sudah mengepung balai pengajian di komplek makam Syiah Kuala tersebut.

Comments