Mercinews

Nasional

Pencari Suaka Timur Tengah Masih di Kebon Sirih, Belum Pindah ke Islamic Center

Imigran pencari suaka di trotoar Jl Kebon Sirih. (Foto: Rolando/detikcom)

Jakarta, Mercinews.com – Para pencari suaka asal Timur Tengah masih bertahan di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Mereka sebelumnya hendak dipindahkan ke Islamic Center.

Pantauan detikcom di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019), pukul 08.50 WIB, para pencari suaka masih menempati trotoar. Mereka duduk-duduk di atas tikar.

Selain itu, ada di antara mereka yang menikmati santap pagi. Adapun anak-anak bermain bersama, ada pula yang masih terlelap tidur.

Para lelaki dewasa saling berbincang sambil menikmati minuman dari termos. Ada pula ibu yang membersihkan anak menggunakan tisu.

Sementara itu, petugas PPSU Kelurahan Kebon Sirih membersihkan trotoar yang ditempati para pencari suaka. Petugas menyapu dan mengumpulkan sampah lalu memasukkannya ke karung.

“Petugas PPSU membersihkan sampah setiap hari. Sehari tiga kali, pagi, siang, sore. Begitu setiap hari,” ujar Lurah Kebon Sirih, Indarto.

Baca juga:  WNA Pencari suaka Senang dipindahkan ke Islamic Centre Jakarta Utara

Satpol PP dan petugas Dishub pun tampak mengatur lalu lintas di Jalan Kebon Sirih. Para pengendara yang melintas melaju perlahan sekaligus memandang ke arah para pencari suaka.

Sebelumnya, Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi akan memindahkan pencari suaka yang tinggal di trotoar Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ke Islamic Center, Jakarta Utara. Kebutuhan keseharian mereka mereka akan dipenuhi secara layak.

“Kami sebagai pemerintah daerah melihat manusia pakai tenda, apalagi di wilayah tempat perkantoran, itu nggak baik. Sudah dua minggu teman-teman dari Somalia, Afganistan, dan Sudan. Mereka saya panggil agar malam ini mereka berkoordinasi dengan teman-teman yang 241 orang yang ada di bawah. Nanti akan kita pindahkan, rencananya besok pagi ke Islamic Center,” kata Prasetio di gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (9/7).

Baca juga:  11 Nelayan Aceh Timur yang Ditahan di Thailand Segera Dipulangkan

Sementara itu, pihak Pemprov DKI telah menggelar rapat bersama dengan sejumlah pihak terkait pencari suaka di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Hasilnya, Pemprov belum bisa memastikan apakah pencari suaka itu akan dipindahkan ke Islamic Center atau tidak.

“Tadi kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kemlu, Kemendagri, juga setelah ini tadi Kemlu dan TNI juga kita minta saran-sarannya. Jam 15.00 WIB ini Kemenlu akan rapat dengan UNHCR, kita tunggu seperti apa,” ujar Sekda sekaligus Plh Gubernur DKI Jakarta, Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdek Selatan, Rabu (10/7).

Sumber: detikcom

Comments