Mercinews

Daerah

Pesawat Perintis Ditembaki di Bandara Beoga Papua

Ilustrasi/ foto

Timika, Mercinews.com – Pesawat perintis yang beroperasi untuk pedalaman Papua ditembaki di kawasan Lapangan Terbang Beoga. Pesawat itu jenis Cessna Caravan-208 dengan nomor registrasi PK-SNR dari perusahaan Smart Aviation.

Pesawat tersebut sedang melaksanakan misi penerbangan angkutan transportasi sipil dengan Capt Pilot Michael Cumming (WN Australia) dan kopilot Purwanto Condro Usodo (WNI). Pesawat itu mengangkut 7 penumpang, yang terdiri atas 5 dewasa, 3 anak-anak, dan 1 orang bayi.

Pesawat berhasil mendarat dengan selamat. Pilot dan penumpang segera turun dari pesawat guna mencari perlindungan. Pasukan TNI-Polri yang sedang berjaga-jaga di sekitar lapangan terbang segera memberikan perlindungan sambil membalas tembakan.

Baca juga:  26 Siswa Aceh Bakal Diterbangkan ke Provinsi Papua

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan peristiwa tersebut terjadi pascapencurian senjata dan amunisi di Polsek Beoga. Pelaku melarikan diri dan sempat melakukan tembakan di kawasan bandara.

“Iya TBO (tenaga bantuan operasional) yang mencuri senjata, dia sempat melakukan tembakan di kawasan bandara,” kata Paulus.

Pesawat berangkat pada pukul 06.30 Wita dari Bandara Moses Kilangin, Timika, menuju ke Lapangan Terbang Beoga, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Pada pukul 08.00 Wita, saat pesawat akan mendarat, penumpang berteriak bahwa pesawat ditembak.

Baca juga:  Kapolda: Ribuan Mahasiswa Pulang ke Papua Jadi Beban Sosial

Sementara itu, penumpang yang lain melihat sekelompok orang bersenjata di darat melakukan serangan tembakan senjata api ke arah pesawat maupun ke arah warga yang berada di sekitar lapangan terbang.

Paulus menambahkan belum ada laporan korban jiwa atas peristiwa tersebut. Saat ini pihaknya tengah mengejar pelaku berinisial AK. [m/]

 

Sumber: detikcom

Comments