Mercinews

Berita

Polisi Cianjur Terbakar Saat Kawal Demo Mahasiswa

Aiptu Erwin dirujuk ke RS Kramat Jati Jakarta/Foto: Syahdan Alamsyah

Bandung, Mercinews.com – Aksi demo mahasiswa di Cianjur berujung terbakarnya anggota polisi Aiptu Erwin dan dua rekannya yang berusaha menolong Erwin. Aksi demo tersebut dilakukan mahasiswa kelompok Cipayung Plus. Mereka demo soal permasalahan sosial di Cianjur.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan kelompok mahasiswa tersebut pada 12 Agustus 2019 sudah memberitahukan akan melakukan aksi di depan gedung DPRD Kabupaten Cianjur yang berada di lingkungan Pemkab Cianjur. Massa pun kemudian datang siang tadi, Kamis (15/8/2019) sekitar 50 orang.

“Sudah ada pemberitahuan dan ada pernyataan dari koorlap (koordinator lapangan) organisasi kepemudaan Cipayung plus untuk melakukan audiensi terkait dengan kebebasan berpendapat. Pada hari ini sekitar pukul 12.00 (WIB) tiba rombongan 50 orang OKP Cipayung Plus untuk menyampaikan pendapat,” ucap Truno di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (15/8/2019).

Baca juga:  6 Mobil Polisi Dirusak Massa Demo di DPRD Sumatera Utara

Truno mengatakan massa Cipayung Plus tersebut terdiri dari sejumlah organisasi mahasiswa antara lain DPC GMNI Cianjur, PC PMII Cianjur, HMI Cianjur, HIMAT, CIF dan lainnya.

“Demo itu terkait dengan adanya mengemukakan pendapat dengan tujuan ke kantor DPRD. Di mana mahasiswa menyuarakan keadilan dan kebenaran, kemudian evaluasi pengangguran, sempitnya pekerjaan dan kurangnya sarana pendidikan masyarakat Cianjur,” ucap Truno.

Truno mengatakan saat unjuk rasa terjadi, mahasiswa tak puas. Sebab keinginan mereka untuk beraudiensi dengan anggota dewan tak berhasil.

“Mereka ingin beraudiensi namun tidak berhasil menemui pimpinan dewan yang dimaksud. Kemudian mereka melakukan aksi sekitar pukul 13.00 WIB,” kata Truno.

Aksi yang dimaksud merupakan aksi pembakaran ban di sekitar lokasi. Sebelum pembakaran, massa juga menutup akses jalan depan kantor DPRD Cianjur.

Baca juga:  Yusuf Kardawi yang tewas saat berunjuk rasa di Kendari diduga ditembak baru dipukuli

Saat pembakaran ban ini, anggota polisi Aiptu Erwin yang sedang mengamankan jalannya aksi berusaha memadamkan api. Namun tiba-tiba dari arah belakang, Erwin disiram menggunakan minyak yang mudah terbakar. Alhasil, api menyambar ke tubuh Erwin. Dua orang anggota polisi Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon yang berusaha membantu memadamkan api di tubuh Erwin pun ikut tersambar api.

“Pada saat pemadaman api yang dilakukan Aiptu Erwin, ada salah satu oknum dari 50 orang yang disebutkan tadi, yang melaksanakan kegiatan, menyiram yang bersangkutan (Erwin) dengan bahan bakar atau minyak yang mudah terbakar. Sehingga kondisi Aiptu Erwin terbakar,” tuturnya.

Sumber:detikcom

Comments
To Top