Mercinews

Nasional

Prabowo Bersedia Berikan Lahannya di Kalimantan untuk Ibu Kota Baru

Bangunan perkantoran segera dibangun di Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur

Jakarta, Mercinews.com – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersedia memberikan lahannya di Kalimantan untuk dijadikan lokasi ibu kota yang baru. Kesediaan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

“Bahkan kalau diminta lahan kami pun saya yakin Pak Prabowo akan kasih,” ujar Edhy di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Menurutnya, tidak ada unsur politik terkait lokasi yang akan dijadikan ibu kota yang baru. Prabowo, kata dia memiliki lahan di sana jauh sebelum ada rencana pemindahan ibu kota ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Baca juga:  JK: Hati-hati Kalau Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

“Pak presiden punya pemikiran lebih besar dari itu.Bagi kami demi kebaikan bangsa dan negara kami akan lakukan itu,” ucapnya.

Sebelumnya mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyebut lokasi dijadikan ibu kota yang baru ada lahan milik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Wilayah itu pernah disebut kawasan emas hijau karena kayunya diekspor dan menghasilkan dolar.

Saat itu hak penebangan hutan diberikan ke perusahaan asal Amerika Serikat (AS), yaitu International Timber Corporation Indonesia (ITCI). Saat ini perusahaan asal Amerika Serikat itu tidak ada lagi dan perusahaan yang mengelola wilayah tersebut telah dimiliki oleh Prabowo.

Baca juga:  Wilayah Kalimantan Jadi Kandidat Ibu Kota, BNPB: Aman dari Bencana

“Tidak ada lagi hutan itu di sana, tidak ada lagi ITCI. Pemilik perusahaan itu sudah bukan orang Amerika lagi. Sudah berganti orang Indonesia. Namanya Prabowo Subianto,” tulis Dahlan dalam laman pribadinya di disway.id.

Dalam debat capres pada Minggu (17/2/2019), Capres nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) juga mengungkap bahwa Prabowo Subiantomemiliki ratusan hektare lahan yang berada di Kalimantan dan Aceh.

Saya tahu Pak Prabowo punya lahan luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare, dan 120.000 hektare di Aceh Tengah,” kata Jokowi.

Dalam debat itu sendiri Prabowo membenarkan jika memiliki ratusan hektare lahan di wilayah tersebut.