Mercinews

Aceh

Rumah Gubuk Lansia di Aceh Utara Nyaris Ambruk

Kondisi rumah Tihajarah warga Ulee Gunong, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara yang nyaris ambruk.ajnn

Aceh Utara, Mercinews.com – Impian Tihajarah, warga Ulee Gunong, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, untuk memiliki hunian tempat tinggal layak huni kini terjawab.

Di usianya yang sudah tidak lagi muda, lansia berumur 75 itu masih menempati sebuah gubuk panggung reot beratapkan daun rumbia dengan di kelilingi lubang sekujur dinding terpas, meskipun itu adalah istana tempat bernaung yang tersirat dalam benak Tihajarah.

Bangunan itu tampak sudah tak layak lagi untuk menjadi tempat tinggal hunian bagi manusia. Gubuk reot berlantai papan dengan lubang seadanya tersebut sewaktu- waktu nyaris ambruk ke dasar tanah.

Melihat kondisi miris tersebut, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara bersama Polres Aceh Utara merasa terpanggil untuk membangun sebuah rumah impian layak huni untuk Tihajarah.

Baca juga:  Pengaruh Sabu, Pemuda Aceh Utara ini Cabuli Gadis Belia di Dikejar Polisi Lari Telanjang

Ketua IPSM Aceh Utara, Mukhtaruddin membenarkan bila pihaknya bersama Polres Aceh Utara rencananya akan membangun rumah layak huni untuk Tihajarah.

Selain itu, sebutnya, ada dua rumah tidak layak huni lainnya milik Nuriah Said (94), warga Gampong Matang Sijuek Teungoh, Kecamatan Baktiya Barat serta Budiman (53), warga Gampong Ulee Tanoh, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara juga akan dilakukan rehap atau bedah rumah.

“Insya Allah Selasa pekan depan kegiatan pembangunan rumah layak huni akan dilakukan,” kata Mukhtaruddin kepada AJNN, Kamis (13/6).

Dirinya menambahkan pada tahap awal pembangunan bedah rumah layak huni nantinya berasal dari dana sumbangan Polres Aceh Utara.

Baca juga:  Perjuangan Ibu-Ibu Mengais Rezeki di Tumpukan Sampah Blang Mangat

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Miliardin menyebutkan seluruh dana untuk bantuan pembangunan bedah rumah layak huni bagi masyarakat lansia kurang mampu berasal dari sedekah seluruh anggota Polres Aceh Utara.

“Dana patungan dari anggota kita di Polres. Mari kita saling membantu dalam kebaikan. Mohon juga dukungan dan doanya, semoga niat baik ini bisa berjalan lancar,” ujarnya.

 

Sumber: Ajnn

 

Comments
To Top