Dunia Islam

Sebagian warga Aceh Barat baru jalankan puasa Ramadhan pada Sabtu 25/4

Umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (23/4/2020) malam. (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

Meulaboh, Mercinews.com – Meski pemerintah sudah menetapkan awal Ramadhan pada Jumat (24/4) lalu, sebagian warga di Kabupaten Aceh Barat baru menjalankan ibadah puasa pertama pada Sabtu 25/4 hari ini.

“Sebagian besar masyarakat yang menjalankan ibadah puasa pada hari ini merupakan masyarakat yang berdomisili di sekitar dayah/pondok pesantren tradisional,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Isa, Sabtu malam.

Menurutnya, umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada Sabtu siang tersebut mengikuti fatwa (keputusan) ulama dayah, yang menyatakan bahwa penetapan satu Ramadhan 1441 Hijriyah pada Sabtu (25/4).

Baca juga:  Keluarga miskin di Aceh Barat segera terima Rp1.8 juta/KK selama 3 bulan

Keputusan tersebut merujuk pada hasil rukyatul hilal (pengamatan bulan) karena pada saat dilakukan pengamatan bulan menggunakan teleskop, tidak terlihat hilal di Kabupaten Aceh Barat.

Muhammad Isa menambahkan, perbedaan pelaksanaan ibadah pertama bulan suci Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat termasuk beberapa daerah lainnya di Aceh, sudah sering terjadi setiap tahunnya.

Namun hal tersebut tidak menyebabkan perpecahan di kalangan masyarakat muslim, karena masyarakat memaklumi keputusan tersebut sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Baca juga:  Tolak UU Sertifikasi Nikah, seorang mahasiswa di Meulaboh gelar aksi tunggal

“Intinya masyarakat di Aceh sangat menghargai perbedaan pendapat, tidak ada persoalan sama sekali,” kata Muhammad Isa menambahkan.

Begitu juga dengan pelaksanaan ibadah shalat tarawih, masyarakat juga melaksanakan sesuai dengan keyakinan dan tidak membedakan dengan jumlah rakaat di setiap shalat sunnah yang dilakukan setahun sekali tersebut, tuturnya.

[]

Comments