Aceh

Sejumlah Imigran Rohingya Shalat Jumat di Penampungan Lhokseumawe

Salat Jumat perdana di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina

Aceh Utara, Mercinews.com – Sejumlah Imigran Rohingya yang ditampung di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe melaksanakan salat jumat perdana di Musalla yang ada kawasan tempat penampungan itu.

Yang menjadi Imam yakni Naufal Zuhdi, santri dari Dayah Misbahul Ulum Paloh, dan Khatib oleh Muhammad Sa,dam Husen, yaitu ustaz dari Dayah Misbahul Ulum Paloh.

“Saya dihubungi oleh pihak Rumah Zakat untuk menjadi khatib pada Salat Jumat perdana yang dilaksanakan di tempat penampungan Rohingya ini,” kata Muhammad Sa,dam Husen, Jumat (3/7).

Baca juga:  BKMT dan PKK Aceh Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe

Dikatakannya, sementara pesan moral yang disampaikan kepada mereka yakni tentang kesabaran, yang dicontohkan kepada Nabi Aiyub selalu sabra saat di uji oleh Allah SWT.

“Karena sebagian dari mereka ada yang bisa berbahasa Malaysia dan memahami bahasa Indonesia yaitu empat orang, maka khutbah saya sampaikan dengan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Sambungnya, ini merupakan pengalaman perdana dirinya menjadi Khatib untuk Imigran Rohingya itu. Ada perasaan sedikit berbeda dengan saat menyampaikan khutbah-khutbah biasanya. “Saya lebih terharu dan sedih.

Baca juga:  Pengadilan AS Diminta Paksa Facebook Rilis Data Pejabat Myanmar

Karena mengingat nasib sesama muslim. Oleh karena itu kita berharap kepada Pemerintah Republik Indonesia tetap membantu mereka walaupun warga negara asing (WNA),” imbuhnya.

[]

Comments