Aceh

Seorang Ulama di Samalanga Bireuen Positif Virus Corona

Ilustrasi corona

Banda Aceh, Mercinews.com -Pasien positif terpapar virus corona (Covid-19) di Aceh bertambah satu orang lagi, berasal dari Kabupaten Bireuen, Rabu, 22 Juli 2020.

Pasien Covid-19 ini berinisial Tgk HB (71), ia diketahui merupakan seorang ulama kharismatik Aceh, dan pimpinan salah satu pondok pesantren di Kecamatan Samalanga Bireuen.

Direktur RSUDZA, dr Azharuddin melalui Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE), dr Novina Rahmawati membenarkan pasien Covid-19 berjenis kelamin laki-laki ini merupakan seorang ulama Aceh.

“Iya betul ada penambahan, pasien berinsial HB, seorang ulama dari Samalanga Kabupaten Bireuen,” kata dr Novina Rahmawati saat dikonfirmasi, Rabu (22/7/2020).

Novina menyampaikan, Tgk HB baru dirujuk ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh kemarin malam, Selasa 21 Juli 2020, setelah sebelumnya menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kabupaten Bireuen.

Baca juga:  Cegah Corona, Kota Banda Aceh dan Aceh Selatan Mulai Lakukan Lockdown Lokal

“Sebelumnya pasien sempat dirawat di salah satu RS di Bireuen. Tadi malam dibawa ke RSUDZA,” ujarnya.

Kemudian, kata Novina, setelah sampai di RSUDZA, dilakukan pemeriksaan rapid antigen dengan hasil menunjukkan reaktif terpapar Covid-19.

Selanjutnya, baru dilakukan pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan tes cepat molekuler (TCM) di Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUDZA Banda Aceh.

“Disini kita lakukan rapid antigen, lalu pemeriksaan swab PCR dengan TCM, dan semalam jam satu keluar hasilnya positif corona,” terang Novina.

Setelah dinyatakan positif corona, Tgk HB langsung dirawat di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUDZA untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Baca juga:  Sudah 1.035 Jenazah Dimakamkan dengan Protap Virus Corona di DKI Jakarta

Novina menyampaikan, Tgk HB memiliki gejala batuk dan juga sasak nafas, karena itu ulama Aceh tersebut dirawat di ruang RICU.

“Beliau batuk dan sesak nafas juga, sekarang sudah dirawat di ruang RICU. Di RICU kita tempatkan yang berat saja, beliau dirawat intensif karena memang ada gejala sesak,” jelasnya.

“Saat ini satu orang di RICU, hanya beliau. Sedangkan yang lain sudah dipindahkan ke ruang isolasi biasa, di ruang Pinere II,” tutup Novina.

Dengan bertambahnya satu pasien positif corona hari ini, maka total kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 150 orang.

[]

Comments