Mercinews

Internasional

Serangan Udara Israel Hantam Rumah di Gaza, Komandan Jihad Islam Meninggal

Otoritas Palestina memeriksa rumah di Gaza yang rusak akibat gempuran udara Israel (AP Photo/Khalil Hamra)

Gaza City, Mercinews.com – Serangan udara Israel dilaporkan menewaskan seorang komandan senior dari kelompok militan, Jihad Islam di Gaza. Pihak Islamic Jihad telah mengonfirmasi kematian komandannya.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (12/11/2019), serangan udara Israel yang dilancarkan pada Selasa (12/11) pagi waktu setempat ini merupakan bagian dari serangan terarah yang berpotensi memicu kekerasan lintas perbatasan yang sengit dengan militan-militan Palestina.

Beberapa menit setelah kelompok Jihad Islam yang didukung Iran ini mengonfirmasi kematian komandan mereka yang bernama Bahaa Abu el-Atta, pada dini hari, serentetan roket terdengar ditembakkan dari wilayah Gaza ke wilayah Israel bagian selatan.

Baha Abu al-Ata.

Jihad Islam menyebut Abu el-Atta (42) telah melakukan ‘aksi heroik’ ketika dia dibunuh. Tidak dijelaskan lebih lanjut dari maksud pernyataan itu. Kelompok Jihad Islam hanya menyatakan akan membalas kematian komandan mereka.

Baca juga:  Netanyahu: Perang di Gaza Bisa Dimulai sebelum Pemilu Israel 17 September 2019

Serangan udara ini dilancarkan beberapa hari setelah Naftali Bennet ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan Israel yang baru. Bennet selama ini menyerukan posisi lebih agresif terhadap Gaza dan Palestina.

Kementerian Kesehatan Gaza dalam pernyataannya menyebut seorang pria dan seorang wanita tewas dalam serangan udara yang mengenai sebuah rumah di wilayahnya. Dua orang lainnya mengalami luka-luka dalam serangan yang sama.

Baca juga:  Bentrokan dengan Israel 37 Warga Palestina Meninggal Dunia dan 450 orang luka

Para kerabat menyebut wanita yang tewas merupakan istri Abu el-Atta dan korban luka merupakan anak-anak mereka.

Serangan udara itu merusak separuh lantai dua dan sebagian besar lantai ketiga di sebuah rumah yang ada di wilayah Shejaeya, Gaza sebelah timur.

Militer Israel dalam pernyataannya menyebut Abu el-Atta bertanggung jawab atas serangkaian serangan roket ke wilayah Israel bagian selatan, yang disebut diinstruksikan oleh Iran. Disebutkan juga oleh militer Israel bahwa ‘serangan selanjutnya bisa terjadi dalam waktu dekat'[m]

Comments