Mercinews

Aceh

Seribuan anak TK/RA ikuti manasik haji di Aceh Timur

IMG 20190828 WA0078 - Seribuan anak TK/RA ikuti manasik haji di Aceh Timur
Anak-anak dari berbagai TK dan RA beristirahat sambil menunggu giliran mengikuti praktik manasik haji di Gedung Idi Sport Center (ISC) Aceh Timur di Idi Rayeuk, Selasa (27/8/2019). (ANTARA/Hayaturrahmah)

Idi, Mercinews.com – Seribuan anak-anak dari 42 lembaga Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Anfal (RA) se-Kabupaten Aceh Timur, mengikuti praktik manasik haji di Gedung Idi Sport Center (ISC) Dinas Pariwisata dan Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat, Selasa (27/8/2019).

Praktik manasik haji bagi anak TK dan RA tersebut diselenggarakan Gabungan Organisasi Penyelenggaran Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Aceh Timur.

“Ini kegiatan rutin yang sudah menjadi agenda tahunan,” kata Ketua GOPTKI Aceh Timur, Ny. Hj. Novi Afrianti, SE, dalam sambutannya.

Baca juga:  Dua Kamar di Hotel Royal Idi Dituding Mudahkan Aksi Mesum

Ia mengatakan, anak-anak pada usia dini merupakan fase dimana mereka keingintahuan yang besar, sifat berpetualang yang kuat, banyak memperhatikan, membicarakan atau bertanya tentang apa yang ia lihat atau didengarnya.

“Melalui pendidikan atau praktik manasik haji ini, kita bisa memperkenalkan dan memberi pengetahuan tentang haji serta mengenal tata cara haji yang baik,” ujar Hj. Novi Afrianti.

Menurut dia, manasik haji sangat penting diperkenalkan kepada para anak-anak usia dini, agar menjadi bekal iman dalam membangun pemahaman nilai-nilai agama sejak dini untuk masa depannya dan juga dapat menumbuhkan keinginan atau niat untuk menunaikan haji sejak dini.

Baca juga:  Diduga Menipu Sejumlah Warga, Oknum PNS BPN Aceh Timur Tangkap Polisi

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Asni, dalam laporan sebelumnya mengatakan, manasik haji tersebut merupakan penyelenggaraan yang diikuti 42 TK/RA Se-Aceh Timur dengan jumlah peserta mencapai 1.000 orang.

“Muda-mudahan tahun depan kita akan laksanakan dengan jumlah peserta mencapai 2.000 orang,” ujar Asni.

 

Pewarta : Hayaturrahmah
Editor : Heru Dwi Suryatmojo
Sumber: Antara