Mercinews

Nasional

Sudah 465 Pencari Suaka Kebon Sirih Dipindah ke Kalideres

Kondisi terkini para pencari suaka di lokasi pengungsian Kalideres (Alfons/detikcom)

Jakarta, Mercinews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebut sudah ada 465 pencari suaka yang dipindahkan ke Kalideres. Mereka diangkut menggunakan sembilan unit bus.

“Iya sampai sekarang itu sudah sembilan bus yang masuk dengan jumlah 465 imigran. Ini semua kita lagi bersama UNHCR untuk bisa menempatkan masing masing. Kemungkinan sih bertambah ini karena di luar masih ada dua bus yang menunggu ya. Kemungkinan di Kebon Sirih juga bisa masih ada,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah kepada wartawan di gedung pengungsian, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2019).

Baca juga:  Anies Sebut Lidah Mertua Bukan Satu-satunya Tanaman Penangkal Polusi Udara

Irmansyah belum bisa memprediksi pasti tambahan pencari suaka yang akan dipindah ke Kalideres. Meski demikian, Irmansyah mengatakan Pemprov DKI akan tetap berupaya memenuhi logistik para pencari suaka di gedung pengungsian. Logistik itu diupayakan ada hingga tujuh hari ke depan.

“Sesuai arahan pimpinan untuk kita tangani selama tujuh hari untuk logistik dan sebagainya, di saat bersamaan kita buatkan surat ke pemerintah pusat, Kemlu, Kemenkum HAM, supaya segera dapat solusi untuk semua. Jadi kita lakukan ini atas dasar kemanusiaan. Kita berikan yang terbaik untuk mereka semua,” ujar Irmansyah.

Baca juga:  Pemprov DKI Jakarta Batalkan Ceramah Ustadz Felix Siauw di Masjid Balaikota

Dinsos DKI berharap logistik yang disiapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan para pencari suaka. “Kami katakan seperti logistik kan kami nggak siapkan untuk sebanyak ini. Logistik itu (rencananya) seperti untuk makan setidaknya kami siapkan dua kali makan, mudah-mudahan bisa tiga kali karena kami siapkan dapur umum,” paparnya.

Para pencari suaka sebelumnya ‘tinggal’ di Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Adapun lahan di Kalideres merupakan lahan eks Kodim Jakbar.

 

Sumber: detikcom

Comments