Hukum

Terdakwa kasus Sabu Ibrahim Hongkong dan 7 Rekannya Dituntut Hukuman Mati

Dua dari delapan terdakwa yang dituntut hukuman mati saat dibawa ke Pengadilan Negeri Kuala Simpang. Foto: AJNN.Net/Asrul

Aceh Tamiang, Mercinews.com – Dari sembilan terdakwa kasus narkotika jenis sabu-sabu, delapan orang terdakwa di tuntut hukuman mati dan satu orang dituntut hukuman seumur hidup dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Selasa (2/4).

Tuntutan hukuman mati tersebut dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu, Teddy Lazuardi Saputra, SH MH didampingi Yunasrul SH, Abdul Basir SH dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Fadhli SH, anggota Deca Wisnubrata SH MH dan Ahmad Syairozi SH.

Delapan terdakwa yang dituntut hukuman mati yakni, Ibrahim Hasan alias Ibrahim Hongkong, Ibrahim alias Jampuk, Joko Susilo, Safuadi, Renaldi Nasution, Ibrahim Ahmad, Firdaus dan Abdul Rahman. Sedangkan Amat Atib dituntut hukuman seumur hidup.

Baca juga:  TNI AL Gagalkan Penyelundupan Sabu 50 Kg di Perairan Ujong Blang

Dalam tuntutan yang dibacakan JPU, para terdakwa dikenakan Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dalam perkara ini juga ditetapkan barang bukti 70 bungkus narkotika jenis shabu-shabu dan 6 bungkus berisi pil ektasi sebanyak 30 ribu butir.

Sidang terhadap pengedar narkoba tersebut mendapat pengamanan ekstra ketat dari personel Polres Aceh Tamiang. Sidang selanjutnya akan dilakukan pada Selasa (9/4) mendatang, dengan agenda mendengarkan pembelaan yang akan disampaikan baik secara tertulis maupun lisan oleh kuasa hukum terdakwa.

Seperti diketahui, Ibrahim Hongkong ditangkap oleh Tim BNN Pusat saat melaksanakan sosialisasi terkait majunya kembali dirinya sebagai anggota DPRD 2019-2024.

Baca juga:  Polres Pidie Tangkap Pengguna Ganja Bersenjata Api

Ibrahim Hongkong adalah anggota DPRK Langkat Fraksi Nasdem. Ia tercatat sebagai warga Dusun II Bakti Desa Paya Tampak Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.

 

 

Comments