Aceh

Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Perlu Ditangani Secara Komprehensif

Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Perlu Ditangani Secara Komprehensif

Blangpidie (Mercinews.com) – Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Ida Agustina, menyampaikan, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan suatu tindakan yang mengakibatkan kesengsaraan dan penderitaan bagi perempuan. Rabu (15/7)

” Tidakan kekerasan baik secara psikologis, fisik dan seksual termasuk ancaman tindakan tertentu, baik yang terjadi di depan umum atau dalam lingkungan kehidupan pribadi”. Kata Ida Agustina saat membuka sosialisasi pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak bagi aparatur gampong dalam kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang digelar oleh dinas DPMP4.

Baca juga:  Surin Abdya Cikal Bakal Pusat KEK

Kegiatan ini bertujuan guna memberi kemahaman kepada aparatur desa dalam menangani kasus kekerasan kepada perempuan dan anak di gampong.

” Semoga kegiatan ini menjadi ujung tombak di Abdya dalam pencegahan kekerasan pada anak

Selain itu Ida Agustina juga mengatakan kekerasan terhadap perempuan dan anak perlu ditangani secara komprehensif, tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga diperlukan keterlibatan organisasi perempuan dalam pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan ini, tambahnya.

Sementara itu kepala dinas DPMP4 Musawir mengatakan penyebab terjadinya kekerasan terhadap anak adalah pola asuh yang salah serta rendahnya control diri, menganggap anak sebagai milik diri atau milik orangtua.

Baca juga:  Festival Lomba Masak Sambal Sunti Pertama di Aceh, Berhadiah 15 Juta Rupiah

“Orangtua perlu komunikasi yang baik terhadap anak dengan menghargai anak dan bersikap adil, mendengarkan keluhan anak, berupaya lebih akrab dengan anak.

Sebagai pemateri dalam acara sosialisasi pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak bagi aparatur gampong dalam kabupaten Abdya adalah Taufik Riswan. Mph, direktur Koalisi Advokasi Pemantauan Hak Anak (KAPHA Aceh).

Comments