Nasional

TNI Angkut 150 Ribu Test Kit Corona dari China Sudah Tiba di Indonesia

Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan dari Shanghai China hari ini telah tiba di Lanud Sadjad Natuna Indonesia. FOTO/Puspen TNI

Jakarta, Mercinews.com – Pesawat Hercules milik TNI yang diterbangkan ke China mengangkut 150 ribu test kit. Jubir pemerintah untuk penanganan virus Corona (COVID-19) Achmad Yurianto menyebut pesawat tersebut sudah berada di Indonesia.

“Sudah barang tentu secara lebih besar, lebih masif (pemeriksaan massal bisa dilakukan), karena kita bersyukur bahwa 150 ribu kit test ini hari ini sudah berada di Tanah Air, yang kemarin dijemput menggunakan pesawat Hercules ke China,” kata Achmad dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube, Minggu (22/3/2020).

Baca juga:  Kasus Covid-19 Melonjak Tajam di Aceh, Sudah 49 orang Tertular

Achmad menyebut kabar terakhir yang diterima, pesawat Hercules tersebut sedang transit di Natuna. Menurutnya, pesawat tersebut tidak lama lagi akan mendarat di Jakarta.

“Posisi terakhir yang kami terima, pesawat sedang transit di Natuna untuk kemudian tidak beberapa lama lagi akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta,” jelasnya.

Yuri, panggilan akrab Achmad, memastikan ratusan ribu test kit itu akan disebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Namun penyebarannya disesuaikan dengan kasus positif yang berada di daerah terkait.

“Oleh karena itu, dengan 150 ribu test kit, kita akan sebarkan ke seluruh Tanah Air sesuai dengan pengelompokan risiko, faktor risiko di masyarakat atas dasar kasus positif yang kita layani di rumah sakit,” sebut Yuri.

Baca juga:  Israel Mulai Panik, Jumlah Penderita COVID-19 Meledak Sehari 90 Orang

[m/news]

Sumber: detikcom

Comments