Aceh

TNI siagakan tenda untuk isolasi pasien Virus Corona di Aceh Barat

Ruang isolasi pasien positif corona (COVID-19) di Kompleks Rumah Sakit TNI Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Kodam Iskandar Muda 04.02 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Senin (16/3/2020) malam. (ANTARA/HO)

Meulaboh, Mercinews.com – Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Kodam Iskandar Muda 04.02 Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mendirikan tenda khusus untuk menampung pasien yang memerlukan fasilitas isolasi untuk antisipasi penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

“Tenda ini didirikan sebagai tempat penanganan jika terdapat pasien virus corona, Posko Siaga COVID-19 ini dimulai operasionalnya sejak 14 maret 2020 sampai ada pencabutan,” kata Kepala Rumah Sakit TNI Tingkat IV IM 07-02 Meulaboh Kapten Ckm dr Beni Arjihans di Meulaboh, Senin malam.

Menurutnya, langkah tersebut sebagai bentuk kesiagaan TNI di daerah setempat dalam memperkuat penanganan penyebaran virus itu di Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga:  9 Disabilitas Nagan Raya dan Aceh Barat Dapat Motor dari Dinsos Aceh

Ia menyebutkan, petunjuk Kepala Staf Angkatan Darat dan diteruskan ke Kodam Iskandar Muda, ditindaklanjuti oleh bagian Kesehatan Kodam Iskandar Muda dengan menyiagakan ruangan yang lengkap dengan peralatan tempat tidur, serta sarana pendukung lainnya di halaman Rumah Sakit TNI di Meulaboh.

Kesiapsiagaan ini, kata dr Beni Arjihans, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanggulangan Corona virus Desease 2019 ( COVID-19 ), dan ST Kasad no ST 855 TH 2020 tentang tindak lanjut terhadap penyebaran COVID-19 di wilayah indonesia.

Apabila ditemukan pasien dengan COVID-19 (+) atau positif corona, maka pasien akan dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh sebagai rumah sakit rujukan tertinggi dalam penanganan COVID-19 di Aceh, katanya.

Baca juga:  Terkait Virus Corona, DPRA Minta Pemerintah Aceh Pengawasan Diperketat

Ia juga meminta warga di daerah itu tidak panik menyikapi penyebaran COVID-19.

“Segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat bila terjadi gejala COVID-19, seperti deman, batuk, dan sakit tenggorokan,” katanya.

Ia juga berpesan kepada warga untuk tetap menjaga kesehatan serta menghindari sementara tempat keramaian yang menjadi tempat berkumpul masyarakat.

“Dan apabila itu terpaksa, gunakan masker. Jangan lupa cuci tangan sebelum maupun setelah beraktivitas di luar rumah dengan sabun antiseptik serta selalu berdoa memohon keselamatan,” tuturnya.

[m/news]

ANTARA News Aceh

Comments