Mercinews




Topan Lekima Terjang China, 13 Orang Tewas dan Sejutaan Dievakuasi

Topan Lekima menerjang China bagian timur pada akhir pekan ini. (Foto: AFP)

Beijing, Mercinews.com – Setidaknya 13 orang tewas akibat Topan Lekima yang menerjang wilayah China bagian timur. Lebih dari satu juta orang dievakuasi dari rumah-rumah mereka.

Media pemerintah China melaporkan seperti dilansir AFP, Sabtu (10/8/2019), sebanyak 16 orang juga dilaporkan hilang usai tanah longsor di wilayah Wenling, yang dipicu oleh topan ini.

Lekima menerjang wilayah Wenling antara Taiwan dan Shanghai pada Sabtu dini hari waktu setempat. Topan ini awalnya dinyatakan sebagai “topan super” namun sedikit melemah sebelum tiba di Wenling.

Baca juga:  Imigrasi Temukan TKA Ilegal China Bergaji Rp40 Juta Per Bulan

Bencana tanah longsor terjadi ketika sebuah bendungan jebol di Wenzhou, dekat dengan tempat mendaratnya topan. Saat ini Lekima perlahan bergerak ke utara melalui provinsi Zhejiang, dan diperkirakan akan mencapai Shanghai yang berpopulasi lebih dari 20 juta jiwa.

Topan ini telah memicu pembatalan lebih dari seribu penerbangan dan layanan kereta. Topan ini diperkirakan akan terus melemah saat mencapai Shanghai, namun masih berisiko menimbulkan banjir besar.

Baca juga:  Presiden China Beri Selamat ke Jokowi yang Menang Pilpres 2019

Otoritas Shanghai telah mengevakuasi sekitar 250 ribu warganya. Sementara 800 ribu warga di provinsi Zhejiang juga dievakuasi.

Media pemerintah China melaporkan bahwa sekitar 2,7 juta rumah di wilayah itu mengalami pemadaman listrik karena banyaknya tiang-tiang listrik yang roboh akibat angin kencang.

Ini merupakan topan kesembilan yang melanda China tahun ini, namun menjadi topan paling kuat dalam beberapa tahun terakhir.

Comments