Mercinews

Aceh

Wali Kota Banda Aceh Larang Warga Bakar Petasan Saat Lebaran Idul Adha

Wali Kota Banda Aceh Larang Warga Bakar Petasan Saat Lebaran Idul Adha
ilustrasi foto: Pedangang Petasan

Banda Aceh, Mercinews.com –  Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengimbau warga kota Banda Aceh tidak membakar petasan atau mercon saat menyambut hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Pedagang yang kedapatan menjual petasan juga akan tindak.

“Kita mengimbau warga tidak membakar petasan dan sejenisnya, baik pada malam hari raya maupun saat hari raya agar terjaganya ketertiban dan kenyamanan masyarakat,” ujar Aminullah, Jumat (9/8/2019).

Menurut Wali Kota, menyambut hari Raya Idul Adha dengan membakar petasan adalah tindakan sia-sia, tidak sesuai dengan budaya masyarakat Aceh dan bertentangan dengan syariat Islam.

Baca juga:  BBPOM temukan mie gunakan formalin di Banda Aceh

“Menyambut hari Raya Idul Adha dengan membakar petasan tidak perlu dilakukan, karena tidak sesuai dengan budaya kita dan bertentangan dengan syariat Islam,” jelas Wali Kota.

Kepada para pedagang, Wali Kota meminta mereka tidak menjual petasan, baik jelang hari raya maupun pada hari H.

“Pedagang yang kita temukan menjual petasan atau sejenisnya, akan kita ambil tindakan,” tambah Wali Kota.

Sementara itu, Satop PP dan WH Kota Banda Aceh mulai kemarin sudah turun melakukan patroli dan melakukan sosialisasi. Jumlah personel yang diturunkan 100 orang, masing-masing regu 10 orang terdiri dari 7 regu pol PP dan 3 regu WH.

Baca juga:  Menjelang Bulan Suci Ramadhan 4 Lokasi Pasar Murah di Kota Banda Aceh

“Dari kemarin kita sudah lakukan patroli, kita telah menghimbau juga para pedagang. Yang membandel akan kita sita,” ujar Hidayat.

Kasatpol PP dan WH Kota Banda Aceh, Hidayat mengatakan dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan warga menyambut hari raya kurban ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Polresta Kota Banda Aceh.

Comments