Aceh

Warga Rohingya di Aceh Utara: Ada yang Meninggal Dunia di Tengah Laut

Warga Rohingya di Aceh Utara

Aceh Utara, Mercinews.com – Zian Burrahman, satu dari 99 Imigran Rohingya yang terdampar di laut lepas dan berhasil ditemukan oleh nelayan di Perairan Seunudon, Kabupaten Aceh Utara mengaku kalau ada yang meninggal dunia ketika mereka masih terombang-ambing hingga boat tenggelam.

“Ada yang meninggal dunia, tapi saya tidak tahu berapa jumlah yang meninggal, dan yang meninggal tersebut dibuang ke laut,” katanya menggunakan bahasa Malaysia dan sesekali terucap bahasa Rohingya, Jumat (26/6).

Baca juga:  Seluruh Imigran Rohingya di SKB Cot Gapu Bireuen Kabur

Sambungnya, mereka berasal dari Banglades, selama ini mereka terombang-ambing di laut lepas lebih kurang empat bulan hingga akhirnya tiba di perairan Seunudon dan diselamatkan oleh nelayan.

“Awal-awal naik kapal, kepala kami sudah sakit, dan mabuk. Hingga jumlah orang naik dan turun kita tidak tahu lagi berapa,” ungkapnya.

Baca: Bekas Kantor Imigrasi Tak Layak Jadi Tempat Penampungan

Lanjutnya, tujuan utama mereka yakni menuju ke Malaysia. Meskipun saat ini lebih dulu ditampung di eks Imigrasi Lhokseumawe, puluhan imigran itu tetap berkeinginan pergi ke Malaysia.

Baca juga:  94 Muslim Rohingya di Aceh Utara telah jalani rapid test cepat Covid-19

“Lebih baik kita pergi ke Malaysia dari pada tinggal di Bangladesh. Dan kami semua merupakan asli dari Bangladesh,” ujarnya.

Alasan mereka memilih pergi ke Malaysia, karena kebanyakan warga negaranya berada di negeri tersebut.

[]

Comments