Mercinews

Sejarah

PT Garuda Resmi Pugar Replika Pesawat Pertama Indonesia RI 001 Seulawah

IMG 0125 800x533 - PT Garuda Resmi Pugar Replika Pesawat Pertama Indonesia RI 001 Seulawah

Banda Aceh, Mercinews.com – Garuda Indonesia meresmikan pemugaran replika pesawat pertama Indonesia, RI 001 Seulawah di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh pasca perbaikan selama 14 hari, Selasa 1 Mei 2018.

Ada sejumlah badan pesawat yang rusak seperti badan, sayap dan ekor pesawat yang mengalami karatan, badan yang berlubang, kerusakan jendela dan pintu. Seluruh bagian pesawat yang rusak diganti selanjutnya dilakukan pengecatan. Kemudian intrumen kokpit dan kabin penumpang dibuat menyerupai pesawat aslinya.

Direktur Utama PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Iwan Joeniarto mengatakan, kerusakan yang dialami replika pesawat tersebut diakibatkan karena faktor usia dan cuaca. Terlebih lagi pesawat tersebut juga menjadi imbas tsunami 2004 silam.

Pengecatan dan perbaikan replika pesawat yang memiliki panjang badan 19,66 M dan rentang sayap 28,96 meter dilakukan hingga menyerupai pesawat asli yang disumbangkan masyarakat Aceh tempo dulu, ditambah lagi di badan pesawat ditambahkan tulisan “Persembahan Rakyat Aceh”

“Ini kita bikin agar mirip asli, ini persis seperti asli,” ujarnya.

Sementara itu terkait biaya perbaikan,  pihak GMF enggan memberitahukannya.

“Biaya belum kita hitung, saya kira ini bukan masalah biaya, yang terpenting adalah maknanya. Harus diketahui bahwa dirgantara Indonesia dimulai dari Aceh,” kata Iwan.[]

loading...

Comments
To Top