Jelang Pelantikan Putin, Aksi Demonstrasi Kepung Rusia

Moskow, Mercinews.com – Demonstran mengadakan aksi protes di seluruh Rusia menentang pelatikan Vladimir Putin sebagai presiden pada awal pekan depan. Putin akan dilantik untuk masa jabatan keempat sebagai Presiden Rusia.

Aksi protes pada Sabtu (5/5/2018) dilakukan di bawah slogan “Dia bukan kaisar kami”. Aksi ini dilakukan oleh musuh Putin yang paling menonjol, aktivis anti korupsi Alexei Navalny, seperti dikutip dari AP.

Laporan berita dan postingan di media sosial mengatakan protes telah menarik ratusan orang atau lebih di setidaknya 10 kota di Timur Jauh Rusia dan Siberia. Laporan juga menyebutkan terjadi beberapa penangkapan oleh polisi, namun tidak ada angka keseluruhan yang tersedia.

Demonstrasi yang lebih besar diharapkan terjadi pada sore hari di Moskow, di mana para pengunjuk rasa bertujuan untuk mengadakan aksi tanpa izin di salah satu jalan utama Ibu Kota, dan di St. Petersburg.

Putin yang sudah berusia 65 tahun, telah berkuasa, baik sebagai presiden atau pun perdana menteri, sejak tahun 2000. Putin akan dilantik pada Senin depan untuk masa jabatan selama enam tahun.

Ia merupakan mantan agen KGB yang kini dianggap sebagai figur Bapak Nasional Rusia yang berani menampilkan negaranya dalam persaingan global.

Meskipun Putin memiliki waktu enam tahun untuk mempertimbangkan kemungkinan menunjuk penerusnya, namun orang dalam Kremlin mengatakan bahwa dia tidak memilih ahli waris.[] [Sindonews]

  • 33
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved

Ke Atas