Malaysia Gagalkan Penyelundupan 131 Imigran Sri Lanka



Kuala Lumpur, Mercinews.comPolisi Malaysia berhasil mencegat sebuah kapal tanker yang mengangkut 131 warga Sri Lanka yang diyakini menuju Australia dan Selandia Baru. Keberhasilan polisi Malaysia ini menghancurkan jaringan penyelundupan manusia terbesar yang telah beroperasi selama satu tahun.

“Pihak berwenang menghentikan kapal tanker yang dimodifikasi pada Selasa di lepas pantai negara bagian Johor selatan,” kata kepala polisi nasional Malaysia, Mohamad Fuzi Harun, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari ABC News, Minggu (6/5/2018).

Baca Juga:  Politikus Jamal Yunos Ditangkap, Mahathir Terima Kasih ke Jokowi

Ia mengatakan para imigran itu termasuk 98 pria, 24 wanita, empat anak laki-laki dan lima perempuan.

“Polisi juga menyerbu kapal nelayan yang digunakan untuk mengangkut para migran ke kapal dan menahan tiga orang Indonesia dan empat orang Malaysia di kapal itu,” katanya.

Baca Juga:  Uang yang Disita dari Kediaman Najib Razak Berjumlah Rp 427 Miliar

Sementara itu lima warga Malaysia lainnya ditangkap karena diduga terlibat dalam sindikat penyelundupan.

“Sindikat ini telah beroperasi sejak pertengahan 2017 dan memiliki koneksi internasional di Sri Lanka, Australia, Selandia Baru, Indonesia dan Malaysia,” terang Fuzi.

Baca Juga:  Kampung Acheh di Malaysia Undang 5 Imam dari Aceh, Menjaga Tradisi Indatu

“Sebanyak 127 warga Sri Lanka akan dikenakan tuntutan memasuki Malaysia secara ilegal, sementara sembilan warga Malaysia, empat orang Indonesia dan empat warga Sri Lanka akan diselidiki untuk penyelundupan manusia,” tukasnya.[] [ Sindonews]

  • 2
    Shares
Berikan Komentar