Jembatan Ulee Raket Aceh Barat Terancam Ambruk



Aceh Barat, Mercinews.com – Kondisi Jembatan Ulee Raket yang menghubungkan Kecamatan Pante Ceureumen dan Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, sangat memprihatinkan dan terancam ambruk.

Selain kondisi abutment jembatan yang telah longsor sehingga merusak sebagian badan jalan, tiang pancang yang selama ini berfungsi menahan badan jembatan juga terlihat mulai keropos. Yang lebih memprihatinkan, di bagian abutment yang longsor juga terlihat lubang menganga dan hanya ditutupi dengan pohon sawit.

Jika terus dibiarkan, dikwatirkan jembatan tersebut akan ambruk, dan tidak tertutup kemungkinan akan menelan korban jiwa. Selama ini, jembatan itu tak hanya dilintasi oleh kendaraan muatan ringan dan sedang saja, namun juga kendaraan berbadan lebar jenis truk yang mengangkut beban berat.

Namun, sayangnya Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terkesan diam atas kondisi yang jembatan tersebut. Padahal warga Kecamatan Pantee Ceuremen sangat berharap pemerintah setempat segera menangani persoalan jembatan itu. Apalagi keberadaan jembatan itu juga merupakan jalur lintas utama dari Pantee Ceureumen menuju Kota Meulaboh yang merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Kondisi Abugmen (bawah) Jembatan Ulee Raket. Foto: Fb Win Meulaboh

Salah seorang warga Pantee Ceureumen Geram, Win Meulaboh melalui akun facebooknya mengancam akan mengajak seluruh warga Pantee Ceureumen melakukan aksi demontrasi jika pemerintah tidak segera menangani kerusakan jembatan tersebut yang kian parah.

“Untuk memperjuangkan ini, saya orang pertama yang bersedia sebagai orator kemanapun titik fokus aksinya. Sebelum toa berbunyi, pekikan kami anak-anak pante yang akan menggetarkan ruang-ruang sepi eksekutif dan legislatif maka responlah,” kata Win Meulaboh, yang bernama lengkap Aduwina Pakeh tersebut, seperti yang dikutip ajnn, Selasa (8/5).

Pada laman facebooknya itu, Aduwina juga menyindir anggota dewan terutama yang berasal dari Dapil IV, yang diam dan tidak pernah mau memperjuangkan nasib masyarakat Pantee Ceureumen.

“Barang siapa bagi Calon Anggota DPR RI, DPD RI, DPR Aceh dan DPRK Dapil IV yang bersedia memperjuangkan pembangunan baru Jembatan Ulee Raket, maka satu suara dari saya dan satu suara istri akan memilihnya di Pileg 2019 mendatang,” tulis Aduwina lagi.[] ajnn.net

  • 25
    Shares
Berikan Komentar