DPRA akan Revisi Qanun Pengelolaan Dana Otsus dan Migas

Banda Aceh, Mercinews.com – DPRA akan merevisi Qanun Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Migas dan Penggunaan Dana Otsus.

Saat ini, DPRA telah menunjuk Tim Monitoring dan Evaluasi Ostus-Migas DPRA untuk melakukan pembahasan perubahan qanun tersebut.

Pagi tadi, DPRA juga telah menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota ihwal rencana revisi qanun tersebut.

“Tadi disepakati revisi nantinya langsung dibahas oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Ostus-Migas,” katanya.

Ditargetkan, kata Muhar, pada Agustus 2018 revisi tersebut telah selesai, sehingga dalam proses penyusunan anggaran 2019, qanun tersebut sudah bisa dijadikan rujukan.

Muhar mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi dasar pengajuan revisi qanun tersebut.

Di antaranya, untuk menjawab aspirasi dari pemerintah kabupaten/kota di mana selama ini baik mekanisme pelaksanaan otsus maupun komposisi pembagiannya dinilai belum sepenuhnya sesuai.

Kabupaten/kota, kata Muhar, antara lain mengingingkan pelaksanaan otsus-migas menggunakan pola transfer dengan memberikan otonomi seluas-luasnya kepada pemerintah daerah ihwal pengelolaannya.

“Sehingga dalam menjalankan kegiatan otsus nantinya tidak tumpang tindih dengan program provinsi,” kata Muharuddin.

Selama ini, teknis pelaksanaan program-program otsus migas dilakukan pemerintah provinsi.

Di sisi lain, pemerintah kabupaten/kota hanya diminta pertanggungjawaban secara moral dalam hal pengawasan.[] Beritakini

  • 59
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved

Ke Atas