Obama Sebut Trump Telah Salah Jalan

Washington, Mercinews.com – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama melemparkan kritikan tajam kepada Donald Trump atas keputusannya menarik mundur AS dari kesepakatan nuklir Iran. Obama menyebut Trump telah salah arah, dengan memutuskan mundur dari kesepakatan itu.

“Berjalan menjauh dari JCPOA, berbalik dari sekutu terdekat Amerika dan kesepakatan yang diplomat, ilmuwan, dan profesional intelijen negara kita negosiasikan,” kata Obama melalui akun Twitternya menggunakan nama resmi kesepakatan nuklir Iran, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (9/5).

Baca Juga:  Pesawat Militer AS Jatuh, Semua Penumpang Tewas

“Dalam demokrasi, akan selalu ada perubahan dalam kebijakan dan prioritas dari satu pemerintahan ke pemerintahan yang lain. Tetapi ketidaksepakatan yang konsisten dari perjanjian bahwa negara kita adalah pihak yang berisiko mengikis kredibilitas Amerika dan menempatkan kita bertentangan dengan kekuatan utama dunia,” sambungnya.

Obama kemudian menuturkan, bahwa perjanjian yang dicapai pada tahun 2015 bukan hanya kesepakatan antara pemerintahan dia dahulu dan pemerintah Iran, tapi kesepakatan internasional.

Baca Juga:  Menlu AS Mike Pompeo Bilang Para Pemimpin Iran Mafia

“Setelah bertahun-tahun membangun koalisi internasional yang dapat memberlakukan sanksi yang melumpuhkan terhadap Iran, kami akhirnya mencapai JCPOA bersama dengan Inggris, Perancis, Jerman, Uni Eropa, Rusia, China dan Iran. Ini adalah kesepakatan kontrol senjata multilateral, dengan suara bulat didukung oleh resolusi Dewan Keamanan PBB,” imbuhnya.

Senada dengan Obama, mantan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry menyatakan mundur dari kesepakatan nuklir adalah sebuah kesalahan besar. Dia menyebut, dengan menjauh dari kesepakatan itu, membuat AS semakin tidak aman.

Baca Juga:  AS Ancam Hentikan Dana Bantuan Palestina Tanpa Batas Waktu

“Alih-alih membangun langkah-langkah verifikasi nonproliferasi yang belum pernah ada sebelumnya, keputusan ini berisiko membuang mereka dan menyeret dunia kembali ke jurang yang kita hadapi beberapa tahun yang lalu. Tingkat kerusakan akan tergantung pada apa yang bisa dilakukan Eropa untuk mengadakan perjanjian nuklir bersama, dan itu akan bergantung pada reaksi Iran,” ucap Kerry.[] Sindonews

  • 84
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved