AS Berencana Jatuhkan Sanksi Baru pada Iran



Washington, Mercinews.com – Gedung Putih menyatakan, Amerika Serikat (AS) sedang mempersiapkan sanksi baru terhadap Iran. Sanksi itu, menurut Gedung Putih, kemungkinan besar akan dijatuhkan kepada Iran pada pekan depan.

Keputusan AS untuk menjatuhkan sanksi baru kepada Iran ini datang hanya sehari setelah Presiden AS, Donald Trump memutuskan untuk menarik mundur Washington dari kesepakatan nuklir Iran.

Baca Juga:  Hubungan Turki-AS Memanas, Erdogan Ancam Akan Cari Sekutu Baru

“Kami berkomitmen 100 persen untuk memastikan bahwa Iran tidak memiliki senjata nuklir,” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (10/5).

Baca Juga:  Lewat Surat, Arab Saudi Tolak dari Rencana Perdamaian AS

“Kami akan terus menempatkan tekanan maksimum, sanksi besar pada mereka. Semua sanksi yang ada sebelum kesepakatan kembali di tempat dan kami sedang mempersiapkan untuk menambahkan sanksi tambahan yang mungkin datang sedini minggu depan,” sambungnya.

Terkait dengan mundurnya AS dari kesepakatan nuklir Iran, Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan bahwa Trump telah membuat kesalahan dalam keputusannya mencabut perjanjian nuklir internasional.

Baca Juga:  Pejabat Teheran: Ancaman Iran Tutup Jalur Laut Selat Hormuz Serius

Ia pun lantas mendesak pemerintah Iran untuk mendapatkan jaminan dari kekuatan Eropa sebelum menyetujui untuk melanjutkan kesepakatan.[] Sindonews

  • 11
    Shares
Berikan Komentar