Surya Paloh Silaturahmi dengan Ulama Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menggelar silaturrahmi bersama ulama Aceh di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh, Jumat 11 Mei 2018.

Pertemuan dengan para ulama merupakan kegiatan pertama Surya Paloh selama berkunjung ke Aceh hingga 13 Mei mendatang.

Sejumlah ulama yang hadir dalan pertemuan tersebut yakni, Waled Nuruzzahri Samalanga, Wakil Bupati Aceh Besar Waled Husaini, Abu Daud Hasbi, Aba Lamno pimpinan Dayah Budi Lamno, Teubgku Baihaqi Yahya Pimpinan Dayah Malikussaleh Aceh Utara, Abu Muksal Mina pimpinan Dayah Ruhul Fatayat Seulimuem, Teungku Abdullah Krueng Lintang Aceh Timur, Teungku Zulbahri dari Lhong, Teungku Bukhari dari Seulimuem, Teungku Abul Yazid dari Abdya, Teungku Faisal, Teungku Nawawi Abdya dan Abu di Lamkawe.

“Pertemuan ini bentuk kepedulian beliau (Surya Paloh) terhadap daerah kelahirannya,” ujar Ketua Nasdem Aceh Zaini Djalil.

Dalam pertemuan itu, Surya Paloh mendengarkan pendapat ulama-ulama Aceh terkait pemberdayaan masyarakat, kemajuan dayah, dan syariat Islam.

Perwakilan ulama Aceh, Waled Nu dalam pemaparannya menyampaikan, ada banyak hal yang ingin disampaikan oleh para ulama baik yang berhubungan dengan Aceh, dayah, masyarakat Aceh, dan juga masalah nasional.

“Walaupun tidak dikabulkan seluruhnya, namun setidaknya bisa dipertimbangkan,” ujarnya.

Salah satu permintaan ulama Aceh yang disampaikan kepada Surya Paloh yakni,  meminta Presiden RI Joko Widodo untuk melahirkan kementerian yang khusus membidangi pondok pesantren.

Menurut Waled Nu, di Aceh sudah ada Dinas Pendidikan Dayah, apa salahnya jika pemerintah pusat menjadikannya sebagai akar untuk melahirkan Kementerian Pondok Pesantren.

“Akarnya sudah ada apa salahnya, biar ada kementerian pesantren, karena pesantren sangat berjasa, apa salahnya dianugerahkan kementerian pesantren,” ujarnya.

Selain itu ada sejumlah permintaan ulama yang disampaikan kepada Surya Paloh di antaranya, meminta pemerintah meningkatkan kerjasama antara ulama dan umara, mendukung sepenuhnya pelaksanaan syariat Islam di Aceh secara kaffah, pemerintah RI menghibahkan tanah pertanian untuk keutuhan pesantren dan juga membangun irigasi untuk meningkatkan hasil pertanian di Aceh.

Sebagai ketua umum partai pendukung pemerintah, Surya Paloh berjanji akan mengupayakan terwujudnya seluruh permintaan ulama.

“Saya akan sampaikan, namun saya tidak bisa berjanji kapan akan diwujudkan,” ujar Surya Paloh.[] mediaaceh.co

 

  • 154
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved

Ke Atas