Bertemu Surya Paloh, Ulama Aceh Minta Jokowi Lahirkan Kementerian Pesantren

Banda Aceh, Mercinews.com – Silaturrahmi dengan Surya Paloh, ulama dan pimpinan dayah di Aceh meminta pemerintah pusat untuk melahirkan kementerian pondok pesantren.

Pertemuan antara Surya Paloh dan ulama tersebut berlangsung di Kyriad Muraya Hotel, Jumat 11 Mei 2018.

Sejumlah ulama yang hadir dalam pertemuan tersebut yakni, Waled Nuruzzahri Samalanga, Wakil Bupati Aceh Besar Waled Husaini, Abu Daud Hasbi, Aba Lamno pimpinan Dayah Budi Lamno, Teubgku Baihaqi Yahya Pimpinan Dayah Malikussaleh Aceh Utara, Abu Muksal Mina pimpinan Dayah Ruhul Fatayat Seulimuem, Teungku Abdullah Krueng Lintang Aceh Timur, Teungku Zulbahri dari Lhong, Teungku Bukhari dari Seulimuem, Teungku Abul Yazid dari Abdya, Teungku Faisal, Teungku Nawawi Abdya dan Abu di Lamkawe.

Baca Juga:  Surya Paloh dan Irwandi Hadiri Kampanye Akbar Yusri Melon-Saifullah di Pidie Jaya

Perwakilan ulama Aceh Waled Nu Samalanga menyampaikan, dengan lahirnya kementerian yang khusus membidangi pondok pesantren, maka akan dapat memajukan dayah dan pondok pesantren di Indonesia.

Baca Juga:  Pimpinan Dayah: Jangan Bawa Nama Santri untuk Kepentingan Nafsu Politik

Pemerintah RI menurut Waled Nu,  dapat menjadikan Dinas Pendidikan Dayah Aceh sebagai akar dalam melahirkan kementerian pondok pesantren.

“Akarnya sudah ada apa salahnya biar ada kementerian pesantren, karena pesantren sangat berjasa, apa salahnya dianugerahkan kementerian pesantren,” ujarnya.

Selain itu ada sejumlah permintaan lain yang disampaikan ulama dayah Aceh yakni, meminta pemerintah meningkatkan kerjasama antara ulama dan umara, mendukung sepenuhnya pelaksanaan syariat Islam di Aceh secara kaffah, meminta pemerintah RI untuk menghibahkan tanah pertanian untuk keutuhan pesantren dan juga membangun irigasi untuk meningkatkan hasil pertanian di Aceh.

Baca Juga:  Tiga BEM Fakultas dan BEM Unsyiah Beda Pendapat Terkiat Kehadiran Surya Paloh

Menanggapi permintaan ulama Aceh, Surya Paloh berjanji akan menyampaikan kepada presiden RI Joko Widodo. Dia berharap seluruh permintaan ulama dapat dikabulkan.

“Insya Allah saya akan sampaikan, namun saya tidak bisa janji kapan akan diwujudkan,” ujarnya.[] mediaaceh

  • 475
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Kategori

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved