Bantu Damaikan Afghanistan, Indonesia Merasa Terhormat



Bogor, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia merasa terhormat bisa dipercaya sebagai lokasi pertemuan tiga arah ulama Indonesia-Afghanistan-Pakistan di Bogor. Pertemuan ulama tiga negara ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan perdamaian di Afghanistan yang difasilitasi Indonesia.

Presiden Joko Widodo bersama para anggota Kabinet Kerja dan para ulama Indonesia, Pakistan dan Afghanistan di Bogor, Jumat (11/5/2018). Foto/Biro Setpres Indonesia

“Indonesia berkomitmen memfasilitasi peran konstruktif ulama. Pertemuan trilateral ini merupakan bagian dari komitmen dan upaya Indonesia dalam mengedepankan para ulama. Indonesia sungguh merasa terhormat mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah,” kata Jokowi pada Jumat (11/5/2018).

Baca Juga:  Jokowi: Keamanan Siber Harus Jadi Fokus Kerja Sama ASEAN

Menurut Jokowi, mencapai perdamaian, terlebih perdamaian yang abadi, tidaklah mudah. Untuk mewujudkannya membutuhkan peran para ulama, karena mereka merupakan para sosok yang didengar oleh umat.

Baca Juga:  Din Syamsuddin Minta Ulama Dunia Jelaskan Islam Sejati ke Masyarakat RI

“Kami tahu, jalan menuju perdamaian tidaklah mudah. Namun sebagai orang beriman, kami juga yakin pertolongan Allah itu sangat dekat,” ujar Jokowi.

“Kami tidak boleh putus harapan apalagi putus asa. Di sinilah saya kira peran kunci para ulama dalam menjaga momentum dan optimisme umat akan perdamaian,” imbuh dia.

“Ulama adalah agen perdamaian. Ulama didengar. Ulama dituruti. Ulama diteladani umat. Ulama memiliki kharisma. Ulama memiliki otoritas, dan memiliki kekuatan untuk membentuk wajah umat yang damai,” papar pemimpin Indonesia ini.

Baca Juga:  Jokowi-PM Li Bertemu, Ini Teks Lengkap Pernyataan Bersama RI-China

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan bahwa Indonesia ingin pertemuan para ulama ini membuahkan hasil konkret untuk perdamaian dan stabilitas di Afghanistan.

“Melalui suara ulama, khususnya para ulama Pakistan, Indonesia dan Afghanistan. Dengan peran para ulama tiga negara ini, semangat ukhuwah untuk perdamaian di Afghanistan dapat diperkuat,” kata Jokowi.[] [ Sumber:Sindonews

Berikan Komentar