Mercinews

Nasional

WNI yang Ingin Pelesiran ke Brazil Kini Bebas Visa

wni yang ingin pelesiran ke brazil kini bebas visa 49H - WNI yang Ingin Pelesiran ke Brazil Kini Bebas Visa

Bogor, Mercinews.com – Warga Indonesia yang ingin pelesiran ke Brazil, atau sebaliknya kini bisa bepergian tanpa harus menggunakan visa. Kedua negara telah sepakat untuk menerapkan kebijakan bebas visa.

wni yang ingin pelesiran ke brazil kini bebas visa 49H - WNI yang Ingin Pelesiran ke Brazil Kini Bebas Visa

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menandatangani sejumlah kesepakatan dengan Menteri Luar Negeri Brazil, Aloysio Nunes Ferreira, di Bogor, Jawa Barat. Foto/SINDOnews/Victor Maulana

Kesepakatan ini dicapai saat terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Brazil, Aloysio Nunes Ferreira di Bogor, Jawa Barat. Kesepakatan ini adalah bagian dari tiga kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan itu.

Baca juga:  Tuduhan Media Australia soal Bom Kimia di Papua dan Bantahan Wiranto

Retno menuturkan, tiga kesepakatan itu adalah bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas, lalu nota kesepahaman mengenai pembebasan visa untuk pemegang paspor biasa dan ketiga adalah peningkatan kerja sama teknis.

Untuk bebas visa bagi pemegang paspor biasa akan mulai aktif pada pertengahan bulan Juni mendatang.

“Kesepakatan ini akan aktif 30 hari setelah ditandatangani,” kata Retno saat ditemui pasca melakukan pertemuan dengan Ferreira pada Jumat (11/5/2018).

Baca juga:  Brunei Darussalam Tertarik Membeli Kendaraan Tempur Produksi Indonesia

Retno kemudian menyatakan, dalam pertemuan dengan Ferreira dirinya juga membahas peningkatan kerja sama dalam hal perdagangan, pertanian, dan people to people contact. Keduanya juga membahas mengenai isu-isu kerja sama multilateral dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu menambahkan, dalam pertemuan ini Ferreira juga menyampaikan permohonan maaf atas batalnya kunjungan Presiden Brazil ke Indonesia.

“Menlu Brasil menyampaikan ucapan maaf dari Presiden Brasil kepada Presiden Jokowi. Ia juga akan mengunjungi Thailand, Hanoi dan Singapura karena memang rencananya Presiden Brasil akan tur Asia,” tukasnya.[] Sindonews

loading...

Comments
To Top