Surya Paloh: Aceh Harus Hindari Buang Energi Percuma



Banda Aceh, Mercinews.com – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menghimbau seluruh komponen di Aceh untuk kompak menyelesaikan sederet problem utama yang sedang dihadapi.

“Tidak bertengkar satu dengan yang lain,” kata Surya Paloh saat diwawancarai usai menggelar pertemuan dengan Forkopimda Aceh, di Hotel Kyriad, Banda Aceh, Jumat malam (11/5/2018).

Ia pun meminta stakeholder di Aceh tidak membuang energi percuma, mengesampingkan ego sentris, dan kepentingan sektoral.

“Untuk kepentingan yang lebih luas, bertengkar sedikit itu enggak apa-apa. Tapi memankan energi percuma untuk urusan tetek bengek, sayang sekali. Energi terbuang percuma dan itu sayang sekali,” kata Surya Paloh didampingi Wali Nanggroe Malik Mahmud dan juga Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Baca Juga:  Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal Ajak Surya Paloh Membangun Aceh

Seperti diketahui, fenomena menampakan bahwa hubungan antara Pemerintah Aceh dengan DPRA terkesan sedang tidak harmonis.

DPRA saat ini tengah menggunakan hak interpelasinya untuk memintai keterangan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf terhadap beberapa hal yang dinilai berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas, termasuk di antaranya memintai keterangan gubernur tentang dugaan suap proyek BPKS.

Baca Juga:  Bertemu Surya Paloh, Ulama Aceh Minta Jokowi Lahirkan Kementerian Pesantren

Surya Paloh mengingatkan, sulit bagi Aceh untuk maju jika para pemimpinnya tidak bersatu. Aceh tidak boleh memperluas perbedaan, tapi mencari banyak persamaan.

DPRA, kata Surya, memang mempunyai hak-hak yang dijamin undang-undang, termasuk hak interpelasi.

“Tapi kita memerlukan suasana kondusif kan? Kita punya problem utama. Bagaimana kalau dana otsus ini habis? Sementara angka pengangguran masih tinggi, pertumbuhan kita rendah, Aceh masih daerah miskin, ini harus kita bicarakan bersama untuk kita selesaikan,” katanya.

Baca Juga:  Surya Paloh Silaturahmi dengan Ulama Aceh

Surya menyarankan lebih baik membuang energi untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, ketimbang hal-hal lain. Dan dia merasa yakin Wali Naggroe Malik Mahmud juga sepakat dengan hal itu.

Surya Paloh juga mengatakan, Pemerintah Pusat masih begitu menaruh perhatian besar pada Aceh. “Saya anak Aceh, dan saya percaya dengan hal itu,” katanya.[]

  • 74
    Shares
Berikan Komentar