Surya Paloh: Otsus Hampir Habis Aceh Harus Mempersiapkan Diri



Banda Aceh, Mercinews.com – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengingatkan Aceh harus mempersiapkan diri secara baik ketika dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk Aceh ini berakhir.

Kata Surya Paloh, jika Aceh tidak siap dan mempersiapkan diri saat berakhirnya dana otsus, Aceh dipastikan sangat berat menerima kenyataan itu, dan ini dinilai bukan sebuah informasi yang patut dibanggakan, bahkan dia mengingatkan kondisi itu berbahaya bagi Aceh,

“Kalau Aceh tidak siap dan mempersiapkan diri untuk berakhirnya masa otsus itu, berat sekali bagi Aceh, harus diakui itu bukan berita yang menggembirakan, saya mewarning itu berbahaya,” kata Surya Paloh kepada wartawan usai mengisi kuliah umum di AAC Dayan Dawood Unsyiah, Jumat (11/5).

Baca Juga:  Jika Berbau Politik, BEM Unsyiah Siap Bubarkan Kuliah Umum Surya Paloh

Apalagi, menurut Surya Paloh, kesiapan penataan roda administrasi pemerintahan sekarang ini terlalu sangat mengandalkan dana otsus, sementara angka Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak mampu dinaikkan sedemikian rupa, dan bahkan pembinaan terhadap sumber daya manusia juga dinilai berjalan ditempat.

Baca Juga:  Ipelmabar Gelar Kuliah Umum Bersama Business Head Nalco Indonesia

“Ini tugas bersama, Gubernur perlu didukung sebagai kepala daerah, baik itu partai pendukung sendiri maupun masyarakat,” ujarnya.

Tetapi, Surya Paloh juga menuturkan, jika nantinya NasDem bisa berperan dengan mendapatkan hasil yang signifikan dari Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, dirinya akan menyampaikan perihal perpanjangan dana otsus ke Pemerintah Pusat.

“Tetapi bagi Nasdem satu, kalau memang NasDem bisa berperan dari hasil pemilu yang akan datang, dan bisa memberikan hasil yang signifikan, bolehlah saya bilang sama Pemerintah Pusat, saya kan lahir disini masak ngak bisa perpanjang dikit otsus ini,” kata Surya Paloh.

Baca Juga:  Rektor Unsyiah: Indonesia Sedang Krisis Kejujuran

Seperti diketahui, Dana otsus Aceh akan berakhir pada tahun 2027, dimana untuk periode mulai 2008-2022, Aceh menerima nilai dana otsus setara dengan dua persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional. Selanjutnya, dari 2023 hingga 2027, dana otsus untuk Aceh hanya setara dengan satu persen dari DAU Nasional.[]

  • 123
    Shares
Berikan Komentar