Pada Akhirnya, Barcelona Gagal Menyamai ‘Invincible Arsenal’

Mercinews.com, Misi Barcelona untuk menutup La Liga musim 2017/18 dengan rekor tak terkalahkan harus pupus. Ironisnya, kekalahan perdana Blaugrana di musim ini terjadi saat mereka bersua kesebelasan papan bawah, Levante.

Barcelona bertandang ke markas Levante, Estadio Ciudad de Valencia, pada pekan ke-37 La Liga, Senin (14/5/2018) dini hari WIB. Diprediksi bakal menang dengan mudah, anak asuh Ernesto Valverde justru tersungkur dengan skor 4-5.

Tiga gol Levante dalam laga ini diciptakan oleh Emmanuel Boateng pada menit kesembilan, 30’, dan 49’. Sementara sisanya dibukukan oleh pemain asal Makedonia, Enis Bardhi, saat laga memasuki menit 46’ dan 56’.

Di kubu Barcelona, Philippe Coutinho jadi bintang lewat trigol pada menit ke-38, 59’, dan 64’. Sementara itu, satu gol mereka yang lain diciptakan oleh tendangan penalti Luis Suarez ketika memasuki menit ke-71.

Kalah dengan angka kebobolan yang tinggi membuat Valverde geleng-geleng kepala. Selain itu, ia juga menyesali ketidakmampuan anak asuhnya untuk menutup La Liga musim ini tanpa sekalipun menelan kekalahan.

“Saya begitu kecewa kami tidak bisa mengakhiri musim dengan tanpa kekalahan. Namun, kami tak bisa terus menerus kecewa. Kami perlu menatap ke depan,” kata Valverde dalam konferensi pers usai laga kepada BeIN Sports.

“Laga ini berjalan begitu cepat. Levante menunjukkan kemampuan mereka untuk bermain dalam intensitas tinggi. Kami sebenarnya juga tak bermain buruk karena sempat beberapa kali mengejar ketertinggalan.”

“Mereka bisa bermain dengan leluasa karena tak lagi punya beban di kompetisi ini. Anda harus memberi kredit mengenai permainan mereka, meski juga harus melihat bagaimana kami bisa kebobolan lima gol.”

Berakhirnya rekor tak terkalahkan Barcelona ini membuat mereka gagal menyamai catatan invicible alias tak terkalahkan dalam satu musim milik Arsenal di 2003/04. Saat itu, The Gunners berhasil menjuarai musim tanpa sekalipun menelan kekalahan –membuat mereka mendapatkan gelar ‘Invincible’ (tak tersentuh).

Selain Arsenal 2003/04, ada beberapa tim lain yang pernah menjadi juara tanpa pernah kalah. AC Milan pernah melakukannya pada musim 1991/92, sementara itu Juventus berhasil melakukannya pada musim 2011/12.

Adapun catatan ini membuat Lionel Messi dkk. memiliki catatan yang mirip dengan Bayern Muenchen di musim 2013/14. Saat itu, Die Roten hampir menutup musim 2013/14 tanpa kekalahan, sebelum tumbang secara beruntun dari Augsburg dan Borussia Dortmund.[] Kumpara

 

  • 308
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved

Ke Atas