Dubes AS untuk PBB Salahkan Hamas atas Pembantaian di Gaza

New York, Mercinews.com – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley menyalahkan Hamas dan membela Israel terkait dengan kerusuhan besar yang terjadi di perbatasan Gaza dan Israel. Sekitar 60 demonstran Palestina tewas dalam bentrokan dengan tentara Israel, yang menggunakan amunisi hidup dalam bentrokan ini.

Berbicara dalam debat terbuka di Dewan Keamanan (DK) PBB, Haley menyatakan Hamas adalah pihak di balik aksi demonstrasi besar-besaran yang terjadi di perbatasan Gaza dan Israel. Menurut Haley, Hamas juga merupakan pihak yang memicu bentrokan dengan tentara Israel.

“Mari kita ingat bahwa organisasi teroris Hamas telah menghasut kekerasan selama bertahun-tahun, jauh sebelum AS memutuskan untuk memindahkan kedutaan kita. Jangan salah, Hamas senang dengan hasil dari kemarin,” ucap Haley, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (16/4).

Dia kemudian memuji sikap Israel terkait bentrokan tersebut. Haley menyatakan, Israel adalah negara paling tenang dan paling bisa menahan diri yang pernah dia tahu.

“Tidak ada negara di ruangan ini akan bertindak dengan lebih menahan diri daripada Israel. Bahkan, catatan beberapa negara di sini hari ini menunjukkan bahwa mereka akan jauh lebih terkendali,” ungkapnya.

Haley dalam kesempatan juga menuding DK PBB telah menunjukan standar ganda terhadap Israel. Dia lalu mengkritik DK PBB karena gagal menyerukan pertemuan serupa untuk membahas “pengaruh destabilisasi” dari Iran.[]

Sumber: Sindonews |

  • 50
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved

Ke Atas