Mercinews

Internasional

Hamas Kecam Foto Dubes AS dengan Al-Aqsa Diganti Kuil Yahudi

1527178552274 - Hamas Kecam Foto Dubes AS dengan Al-Aqsa Diganti Kuil Yahudi

Gaza, Mercinews.com – Hamas melayangkan kecaman atas munculnya foto Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Israel, David Friedman dengan gambar yang menunjukan kuil Yahudi menggantikan Masjid al-Aqsa, dengan ditempatkan di atas situs suci umat Islam tersebut.

1527178552274 - Hamas Kecam Foto Dubes AS dengan Al-Aqsa Diganti Kuil Yahudi

Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel David Friedman berpose dengan poster Masjid al-Aqsa digantikan kuil Yahudi. Foto/Times of Israel

“Perilaku rasis ini mencerminkan kemitraan AS dengan pendudukan Israel dalam serangan terhadap kepekaan rakyat Palestina dan seluruh dunia Arab dan Muslim,” kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoum dalam sebuah pernyataan.

Baca juga:  Kembali Bergejolak, PBB Peringatkan Gaza di Ambang Perang

“Kami menyerukan adopsi tindakan balasan dengan maksud untuk melindungi Masjid Al-Aqsa dan mendukung orang-orang kami di Yerusalem,” sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (24/5).

Kedutaan Besar AS di Israel sendiri telah mengatakan bahwa Friedman telah menjadi korban penipuan. Friedman ditipu agar mau difoto menerima poster Yerusalem Timur dengan masjid al-Aqsa yang dihormati umat Muslim telah dihilangkan.

Baca juga:  Erdogan: Israel Tebar Ketakutan, Dorong Timur Tengah untuk Perang

Sebuah pernyataan kedutaan AS mengatakan, gambar itu didorong di depan Friedman tanpa persetujuannya selama kunjungan ke lembaga amal di Bnei Brak, dekat Tel Aviv.

“Duta Besar Friedman tidak menyadari gambar yang di dorong di depannya ketika foto itu diambil. Dia sangat kecewa bahwa siapa pun yang memanfaatkan kunjungannya ke Bnei Brak untuk menciptakan kontroversi,” kata kedubes AS.

Dikatakan bahwa pihaknya menuntut permintaan maaf dari badan amal Achiya, seorang pejabat yang telah mempresentasikan gambar itu kepada Friedman. Kedutaan AS menegaskan bahwa pihaknya tidak mendukung perubahan status tempat suci Yerusalem.

( SINDOnews

 

loading...

Comments
To Top