Donald Trump Batal Bertemu Kim Jong-un, Sekjen PBB Kecewa Berat

Jenewa, Mercinews.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, menyuarakan kekecewaan yang mendalam terkait batalnya pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Pertemuan itu rencananya akan dilakukan pada 12 Juni mendatang di Singapura.

“Saya sangat prihatin dengan pembatalan pertemuan yang direncanakan di Singapura antara Presiden Amerika Serikat dan pemimpin Republik Rakyat Demokratik Korea,” kata Guterres, dalam sambutan yang disampaikan di Universitas Jenewa, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/5/2018).

Pria asal Portugal ini menggunakan nama resmi Korut.

Dia pun mendesak pihak-pihak yang terkait untuk melanjutkan dialog mereka sehingga menemukan jalan menuju denuklirisasi damai di Semenanjung Korea.

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump telah membatalkan pertemuannya dengan Kim Jong-un yang akan dihelat di Singapura. Pembatalan itu dituangkan dalam sebuah surat.

“Berdasarkan kemarahan yang luar biasa dan permusuhan terbuka yang ditampilkan dalam pernyataan terbaru Anda, saya merasa waktunya tidak tepat pada saat ini untuk mengadakan pertemuan yang telah direncanakan selama ini,” tulis Trump dalam sepucuk surat kepada Kim Jong-un.

Isi surat Trump merujuk pada pernyataan yang dikeluarkan oleh media Korut, Wakil Menteri Luar Negeri Choe Son-hui telah menyebut Wakil Presiden AS Mike Pence sebagai “boneka politik” untuk membandingkan Korut – “negara bersenjata nuklir” – dengan Libya, di mana Muammar Gaddafi menyerahkan nuklirnya yang belum selesai program pengembangannya, hanya untuk kemudian dibunuh oleh pejuang yang didukung NATO.

“Apakah AS akan menemui kami di ruang rapat atau menghadapi kami di konfrontasi nuklir-nuklir yang sepenuhnya tergantung pada keputusan dan perilaku Amerika Serikat,” kata Choe.
( Sindonews)

  • 25
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved

Ke Atas