Spanyol Selamatkan Lebih dari 500 Migran di Mediterania

Barcelona, Mercinews.com – Pihak berwenang Spanyol menyelamatkan lebih dari 500 migran akhir pekan ini. Para migran tersebut diselamatkan dari belasan kapal yang melakukan pelayaran penuh risiko menyeberang ke Eropa melalui Mediterania.

“Diiringi pesawat dan helikopter tim pencari, kapal-kapal Spanyol menyelamatkan hampir 300 migran dari sembilan kapal pada Sabtu,” kata pihak berwenang.

“Hingga Minggu sore, 250 migran lagi diselamatkan dari delapan kapal, tiga di antaranya dalam kondisi buruk dan kemudian tenggelam,” mereka menambahkan seperti dikutip dari Reuters, Senin (28/5/2018).

Para migran ini berasal dari berbagai negara di Afrika Utara dan sub-Sahara.

Jumlah orang yang menyeberang ke Spanyol melalui laut dari Afrika Utara, baik melalui Selat Gibraltar atau Laut Alboran, telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir ketika kedatangan ke Italia dan Yunani melalui Libya telah menurun.

Sekitar 19.000 orang melakukan penyeberangan laut pada tahun 2017, mewakili peningkatan 182 persen pada tahun sebelumnya.

Badan perbatasan Eropa, Frontex, mengatakan pada Januari bahwa pihaknya memperkirakan peningkatan imigrasi tidak teratur ke Spanyol tahun ini, di mana aliran migran ini didorong oleh penggunaan kapal cepat.

Seorang pejabat penjaga pantai Italia mengatakan pada hari Minggu lebih dari 1.800 migran yang mencoba menyeberang dari Libya ke Italia diselamatkan selama tiga hari terakhir.
(ian) SINDOnews

  • 22
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved