Terkait Bantuan Rumah Gempa di Pidie Jaya, Masyarakat Kembali Datangi BPBD

Pidie Jaya, Mercinews.com – Puluhan masyarakat Gampong Cubo Kayee Jatoe, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya mendatangi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya. Masyarakat yang mendatangi kantor bencana tersebut adalah korban gempa yang rumahnya rusak, tapi tidak mendapat bantuan, Senin (28/5).

“Coba datang dan lihatlah kondisi rumah kami yang rusak akibat gempa,” sebut salah seorang perempuan paruh baya di kantor BPBD Pidie Jaya yang tidak mau menyebutkan namanya.

Dijelaskan sumber tersebut, sebenarnya nama mereka terdata dalam penerima bantuan korban gempa, baik dalam katagori rusak sedang maupun katagori rusak berat. Ironisnya, ketika pembangunan pemukiman dimulai, nama mereka sebagai penerima bantuan gempa hilang bagai ditelan bumi.

Masyarakat Cubo Kayee Jatoe menilai rumah bantuan gempa yang seharusnya mereka terima dipermainkan oleh oknum kepala desa dan sekdes gampong setempat.

“Kalau difoto sudah berulang kali, bahkan ada diantara kami yang sudah terdata malah hilang dari data tersebut ketika pembangunan dimulai. Anehnya, saudara-saudara dari pak keuchik dan sekdes banyak yang mendapatkan bantuan walaupun tidak rusak. Dan kami menilai semua ini permainan pak keuchik dan sekdes,” jelas sumber tersebut.

Masih dilokasi, masyarakat Cubo Kayee Jatoe lainnya, Mirwan juga mengatakan senada dengan wanita paruh baya tersebut. Namun katanya, tidak semua yang mendatangi kantor BPBD hari ini adalah korban yang rumahnya rusak akibat gempa 7 Desember 2016 lalu.

Baca Juga:  Gadis Pijay Naik L-300 ke Rumah Pamannya di Banda Aceh, Belum di Ketahui Keberadaannya

“Masak waktu divalidasi nama kami terdata, tapi saat dimulai pembangunan nama kami hilang begitu saja, makanya kami mendatangi kantor BPBD. Yang datang hari ini kebanyakan korban. Namun ada juga yang hanya ingin menemani saudaranya yang terzalimi,” imbuhnya.

Dihimpun ajnn, kedatangan masyarakat untuk memprotes hasil validasi data korban gempa adalah yang kesekian kali pasca validasi dilakukan oleh konsultan menajemen.

Sementara itu, menanggapi aksi masyarakat mendatangi kantor BPBD hari ini, hingga berita ini ditayangkan, ajnn belum berhasil memperoleh keterangan baik dari pihak BPBD Pidie Jaya maupun Perangkat Gampong Kayee Jatoe.[]

  • 80
    Shares
Berikan Komentar

Mercinews.com - Situs Media Online berita terbaru hari ini, memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas.

Copyright © 2018 Mercinews.com. All Rights Reserved